TAMAN AYUN - BEDUGUL

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Bedugul merupakan tempat yang sama populernya dengan Kintamani, bedanya kalau Kintamani mempunyai kaldera Batur yang kelihatan lebih gersang, sedangkan Bedugul dengan danau Beratan kelihatan demikian subur dan hijau sepanjang penglihatan. Inilah penyebabnya kenapa di sekitar danau Beratan penduduknya jauh lebih padat dibandingkan dengan Kintamani. Anehnya tidak ada satupun dokumen kerajaan di masa lampau mencatat tentang kejadian-kejadian di sekitar danau ini, kecuali dekat danau Tamblingan banyak disebutkan dalam dokumen kerajaan Bali. Danau Beratan ini sebenarnya merupakan salah satu danau sepanjang kaldera kuno yang berbentuk siku-siku yaitu Beratan, Bulian dan Tamblingan yang panjangnya sekitar 4 km lebih. Tidak terbayangkan hebatnya letusan di masa lampau yang disebut dengan super volcanic eruption tersebut. Mungkin 2 kaldera ini Bedugul dan Kintamani adalah pembentuk pulau Bali, jadi bukan seperti yang dikatakan oleh para akhli vulkanologi yang memperkirakan letusan terjadi sekitar 70.000 s.d 100.000 tahun lalu saja, tetapi jauh lebih tua dari itu tetapi berlanjut terus, dan yang besar paling terakhir adalah masa yang disebut oleh vulkanolog karena kalau kita amati lapisan-lapisan tanah di pantai, misalnya di Tanah Lot, sangat jelas menunjukkan bahwa ada lelehan lava pijar yang berlapis-lapis, yang jaraknya 5 km dari danau Beratan.

Tempat-Tempat Kunjungan

Berangkat tour dari hotel di sekitar Denpasar jam 08.30, dan tempat persinggahan pertama adalah Pura Taman Ayun. Pura ini didirikan oleh kerajaan Mengwi tahun 1634 sebagai lambang dari kerajaan yang merdeka, walaupun sebenarnya Mengwi masih mengakui kerajaan utama Bali sebagai raja tertinggi yang pusatnya di Klungkung. Tahun ini dibaca dari sebuah lambang di atas pintu asli pura yang disebut kronogram, dan memang masuk akal bahwa sekitar tahun ini beberapa kerajaan kecil bangun di Bali karena kerajaan pusat di Klungkung dikudeta oleh kepala pasukannya di tahun 1651 yang menandakan bahwa kerajaan pusat sudah lemah. Pura ini oleh banyak arsitek disebut suatu komplek yang paling indah penataannya. Di sebelah barat pura, antara istana raja dengan pura adalah sebuah sungai yang dibendung sehingga membentuk kolam yang cukup luas dan ini memberikan pemandangan yang menarik bagi pengunjung. Pada tahun 1990an banyak sekali perusahan di Eropah mengadakan acara malam budaya dengan menggabungkan istana raja dengan pura ini dengan berbagai kegiatan, mulai dari hiburan tradisonal, pertunjukkan kesenian tradisional yang berkaitan dengan adat, dekorasi, dan berbagai jenis masakan daerah dan nasional.

Tempat kujungan kedua adalah Pura Ulun Danu yang dibangun sebagian di darat dan sebagian lagi di atas air danau Beratan. Pura ini melambangkan jiwa orang Bali yang sangat toleran karena di samping pura untuk Hindu ada juga Wihara Budha dalam satu pekarangan. Pura ini juga dibangun oleh raja Mengwi sekitar tahun 1600 yang bernama I Gusti Ngurah Putu atau I Gusti Ngurah Sakti Blambangan, seorang raja pertama yang tercatat dari golongan prajurit atau keluarga Arya.

Tempat persinggahan selajutnya adalah Kebun Raya Eka Karya yang berada di kaki gunung Pohan. Kebun Raya ini ditata sedemikian rupa sehingga menimbulkan pemandangan yang sangat indah dan menjadi obyek akhir pekan bagi masyarakat Bali atau perusahan yang membuat acara untuk karyawannya. Tour ini diakhiri dengan melihat-lihat produk pertanian dataran tinggi Bali di pasar kandang, mulai dari bunga, hiasan hijau ( greenery ), buah, sayur dan peralatan penumbuha bunga atau buah. Tour ini sangat populer di kalangan wisatawan domestik, karena alamnya yang indah, terlebih lagi bagi mereka yang hidupnya di perkotaan maka tour ke tempat-tempat seperti ini merupakan penyegaran yang luar biasa hasilnya.

Harga dan Booking

Harga tour cukup murah Rp 350.000/orang - minimum 2 orang, Rp 260.000 per orang untuk 4 orang, dan sudah termasuk kendaraan ber-AC, semua tiket masuk, parkir, sumbangan, dan makan siang. Jika tinggal di Nusa Dua melewati jalan tol ada tambahan Rp 11.000 per orang.

Untuk keterangan lebih lanjut bisa dihubungi
BIstur) Ph 0361 463 448/447 atau sms/wa ke 081 936 128 707
atau hubungi kami belakangan melalui email :
email

Tour lainnya
  1. Mendaki Gunung Batur
  2. Taman Ayun dan Begudul
  3. Besakih dan Klungkung
  4. Kota Denpasar
  5. Tarian Kecak
  6. Barong dan Kintamani
  7. Sangeh dan Taman Ayun
  8. Shopping Pasar Sukawati
  9. Pura Tanah Lot
  10. Desa Kuno Trunyan
  11. Pura Uluwatu