TOUR PURA BESAKIH

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Salah satu tujuan perjalanan wisata Bali yang paling populer adalah wisata ke pura Besakih. Namun belakangan sering ada tindakan-tindakan yang kurang menyenangkan dari orang-orang di sekitar pura tersebut krena ingin mendapatkan uang secara gampang, seperti menawarkan diri sebagai guide, akan tetapi pengetahuannya tentang pusa sangat minim. Akan tetapi dengan mengikuti petunjuk dari agen-agen perjalanan anda tidak perlu khawatir.

Pura Besakih dirikan oleh Kerajaan Bali sekitar tahun 1550 ketika pusat kerajaan dipindahkan dari Gianyar ke Gelgel dekat kota Semarapura sekarang dan diperluas sekitar tahun 1800. Pendirian pura ini dianggap sangat memberikan dampak politik kepada kerajaan Bali yang dibangun oleh Majapahit sebagai pengikat masyarakat Bali yang sangat taat beragama. Berbagai mitos diciptakan untuk memperkuat status pura sehingga tidak ada yang berani melawan atau tidak setuju dengan kekuasaan raja, demikian juga berbagai ritual diciptakan untuk mengikat warga Bali mulai dari ritual berdasarkan hitungan wuku ( kalender Jawa Hindu ) sampai dengan hitungan puluhan tahun. Semua kelompok atau keluarga orang Bali dibuatkan pemujaan khusus seperti klan Pasek yang terbesar di Bali, klan Pande, klan Arya ( Gusti ), dan bahkan keluarga kerjaan sendiri yaitu kelompok Dalem atau Dewa. Sehingga pura ini benar-benar mencerminkan keberpihakan istana kepada masyarakat Bali. Memang agama sampai jaman sekarangpun di Indonesia masih merupakan alat yang ampuh untuk mencapai tujuan politik karena banyak sekali anggota masyarakatnya yang tidak mengerti tentang agama itu secara benar.

Perjalanan Wisata ke Besakih

Besakih juga mengalami penambahan beberapa bangunan sehingga tercatat ada 18 komplek pura dan tidak kurang dari 250 banguan besar dan kecil bisa dilihat sekarang ini. Pemandangan ini sangat menarik untuk dilihat di samping kita bisa mengagumi bahwa di masa lampau semangat kegamaan demikian tinggi. Diharapkan jangan menerima tawaran guide lokal di pura tersebut karena begitu banyaklaporan bahwa mereka kurang sopan, sering minta jasa berlebihan. Bahkan penjaga pura sendiri banyak yang dilaporkan kurang sopan, sehinga pernah para pengelola perjalanan tidak menyarankan tamunya untuk melihat pura Besakih, karena di tempat lain juga banyak sekali pura yang bisa mencerminkan Besakih baik secara arsitektur maupun kepercayaan. Oleh karena itu anggap diri anda kalau sudah beli karcis berjalan sendiri sesuai dengan petunjuk.

Dari Besakih ke Kerta Gosha

Tempat kunjungan kedua adalah bangunan kuno yang dibuat tahun 1800an sebagai tempat atau gedung pangadilan yang disebut dengan Kerta Gosha. Bangunan ini sekarang berada di tengah-tengah kota Klungkung yang lebih dikenal sebagai kota Semarapura sebagai bekas ibukota kerajaan Bali dari tahun 1550 s.d 1945. Arsitekturnya sendiri sangat menarik karena dibuat di tengah-tengah kolam sehingga sepeti mengambang. Itulah sebabnya bangunan ini juga disebut balai kambang. Makan siang akan disiapkan di restoran. Dalam perjalan balik ke hotel jika masih ada waktu bisa singgah di Sukawati untuk melihat produk kerajinan rakyat yang sangat murah atau beli oleh-oleh di Krisna Souvenir.

Harga per orangnya sekitar Rp 325.000 dengan peserta paling tidak 2 orang Rp 250.000 per orang untuk minimum 4 orang sudah termasuk kendaraan ber-Ac, semua karcis masuk di tempat-tempat kunjungan, makan siang, parkir dan sumbangan-sumbangan. Jika tinggal di Nusa Dua melalui jalan tol ada tambahan Rp 11.000 per orang.

Bali Kumala Sari ( BIstur ) Ph 0361 463 448/447, sms/wa ke 081 936 128 707
atau hubungi kami belakangan melalui email :
email

Tour Lainnya
  1. Mendaki Gunung Batur
  2. Taman Ayun dan Begudul
  3. Besakih dan Klungkung
  4. Kota Denpasar
  5. Tarian Kecak
  6. Barong dan Kintamani
  7. Sangeh dan Taman Ayun
  8. Shopping Pasar Sukawati
  9. Pura Tanah Lot
  10. Desa Kuno Trunyan
  11. Pura Uluwatu