SUKAWATI UBUD

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Bali dikenal karena kesenian tradisionalnya yang berkembang pesat, baik tari, gambar, patung, musik, dan ritualnya. Hal kedua yang menarik adalah keramahan dan keterbukaan masyarakatnya, ketiga keindahan alamnya baik pantai maupun pegunungan yang tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia dan dunia. Pasar tradisional Sukawati adalah salah satu cermin dari demikian berkembangnya kesenian di Bali khususnya seni ukir dan kerajinan lainnya baik yang berbahan dasar alam seperti kayu, tanah, serat, daun dan sebagainya maupun yang berbahan dasar kain atau fabrik. Semua jenis kerajinan yang ada di pasar Sukawati ini merupakan kreasi dari para seniman lokal yang terinspirasi oleh adanya kegiatan keagamaan, dan kedatangan wisatawan manca negara yang sering membawa kesan tertentu. Dan pertemuan antara orang Bali dengan orang-orang dari kebdayaan lain ini menciptakan kreasi baru di dalam kegiatan berkesenian, dan bersukur karena kegiatan ini berubah menjadi bernilai komersial, sehingga para pengrajin juga mendapatkan berkah dari karyanya, dan bukan hanya itu dengan adanya pasar Sukawati ini banyak pedagang dari produk lain juga bisa hidup di kota kecil Sukawati ini misalnya berbagai kerajinan dan produk industri kecil dari Jawa bisa hidup di kota ini.

Pasar Seni Sukawati

Selain dari itu dalam perkembangan wisata selanjutnya Bali mengenal aktivitas yang sangat berkembang pesat yaitu kerajinan berbagai bidang yang dikenal dengan istilah handicraft. Sukawati sebenarnya merupakan pasar untuk produk kerajinan, tidak bisa dikatakan sebagai pasar seni sesungguhnya. Orang bisa menemukan bermacam-macam kreasi handicraft. Berbagai desain bukan saja kreasi lokal, akan tetapi banyak desain dibawa oleh wisatawan luar negeri untuk diproduksi di Bali, karena murahnya tenaga kerja di Indonesia termasuk Bali. Namun dalam perkembangan berikutnya pemerintah Indonesia tidak mampu mempertahankan daya saing yang luar biasa ini karena setiap masa tertentu terus menerus menaikkan harga listrik, air, dan telpun, sehingga harga-harga lainnya terus-menerus juga naik mendekati batas titik jenuh daya saing, sehingga produktivitas menurun ditambah lagi dengan adanya teroris, maka lengkaplah faktor penyapu daya saing ini.

Sukawati Melewati Krisis Teroris

Dari kenyataan yang sangat tidak mendukung perkembangan pasar handicraft di atas, sampai sekarang Sukawati masih hidup, walaupun tidak begitu ceria seperti sebelum tahun 2002, dan masih bisa ditemui berbagai jenis kreasi kerajinan, khususnya kerajinan barbahan kayu lokal dan kain atau fabrik. Produk-produk kecil ini menjadi suvenir yang sangat populer di kalangan wisawatan Nusantara, akan tetapi tidak laku di kalangan wisatawan manca negara karena dianggap murah. Ini tentu memberikan angin segar kembali kepada pengrajin yang sebelumnya pernah demikian putusasa karena kehilangan daya saing di samping kehilangan pembeli.

Tempat singgah kedua adalah Pantai Kuta atau Pantai Sanur yang bisa dipilih salah satunya. Kedua pantai ini sangat dikenal di manca negara sebagai pantai yang indah. Pantai Kuta menghadap matahari tenggelam, dan pantai Sanur menghadap matahari terbit. Perkembangan kepariwisataan di Bali sebenarnya dimulai dari Sanur dengan didirikannya hotel bintang 5 pertama di tahun 1965, yaitu Grand Inna Bali Beach, yang dulunya bernama Hotel Bali Beach. Sanur lebih dulu mencatat beberapa hotel mewah seperti Sanur Aero Wisata, yang sekarang bernama Sanur Beach Hotel, Villa Batu Jimbar milik suasta yang demikian terkenal di Amerika Serikat.

Harga Rp 180.000 per orang minimum 2 orang, Rp 150.00 per orang untuk 4 orang peserta. Harga sudah net termasuk tiket masuk dan parkir. Jika tinggal di Nua Dua ada tambahan karcis toll Rp 11.000 per orang
Untuk keterangan lebih lanjut bisa dihubungi
Bali Kumala Sari ( BIstur ) Ph 0361 463 448/447 atau Sms ke 081 936 128 707
atau hubungi kami belakangan melalui email :
email

Tour Lainnya
  1. Mendaki Gunung Batur
  2. Taman Ayun dan Begudul
  3. Besakih dan Klungkung
  4. Kota Denpasar
  5. Tarian Kecak
  6. Barong dan Kintamani
  7. Sangeh dan Taman Ayun
  8. Shopping Pasar Sukawati
  9. Pura Tanah Lot
  10. Desa Kuno Trunyan
  11. Pura Uluwatu