BEDUGUL

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Wisata Bedugul

Salah satu paket tour yang paling populer adalah tour ke Bedugul yang terdiri dari kunjungan ke obyek-obyek wisata seperti Pura Taman Ayun, Pasar bunga dan tanaman hias Kandang, Kebun Raya Eka Karya, Danau Beratan, Pura Ulun Danu, dan Lapangan golf Bali Handara. Ada juga yang menggabungkan paket ini dengan pemandangan persawahan berteras yang menakjubkan di Jatiluwih.

Bedugul adalah salah satu obyek wisata yang sangat dikenal baik di kalangan wisatawan manca negara maupun wisatawan nusantara. Bagi masyarakat lokal Bedugul merupakan obyek wisata akhir munggu atau liburan nasional dan liburan keagamaan. Khususnya sekolah dasar dan menengah lokasi liburan ini merupakan yang paling favorit. Oleh karena namanya sudah sangat dikenal mengakibatkan banyak investor membangun bungalow atau hotel sederhana sampai dengan hotel bintang ada di daerah ini. Sebenarnya daya tarik ini tidak terlepas dari banyak hal yang telah menyatu dengan nama Bedugul ini.

Lokasi Bedugul

Lokasi Bedugul adalah di wilayah kaldera gunung purba Bali seingga tempat ini merupakan salah satu tempat tertinggi di Bali sama dengan Kintamani. Jaraknya dari Kota Denpasar adalah 49 km, dan 31 km dari kota Singaraja yang merupakan kota terbesar kedua di Bali setelah Denpasar. Cuacanya yang sejuk dan dapat dikatakan dingin di malam hari bisa mencapai sekitar 18 derajat Celcius dan pemandangan pegunungan yang hijau dan 3 danaunya ini sangatlah indah. Beberapa obyek wisata yang terdapat di Bedugul yang menyebabkan tempat ini menjadi lebih menarik secara ringkas dicatat di bawah ini.

Bedugul

Danau Beratan

Danau ini merupakan kaldera terbesar dari Bedugul yang diperkirakan punya ukuran 1 x 3 km, di sebelah timurnya masih menyisakan puncak yang tinggi dan hijau bernama Gunung Mangu merupakan wilayah administrasi Kabupaten Badung, di Sebelah Baratnya masih menyisakan puncak bernana gunung Pohan yang merupakan wilayah administrasi Kabupaten Tabanan, dan demikian Juga di sebelah utaranya bibir kawah ini merupakan sebuah dataran tinggi wilayah kabupaten Buleleng. Di sekitar danau Beratan ini terdapat pemukiman adat tradisional yang disebut Banjar seperti Banjar Candi Kuning, Banjar Kampung Jawa, dan Banjar Mekar Sari yang dulunya bernaha Benyah ketika masih berada di sebelah utara Danau Beratan di bawah tebing gunung, dan karena pernah terjadi longsor yang besar akhirnya dipindahkan ke sebelah barat danau. Di sepanjang pantai Barat Danau terdapat berbagai aktivitas air seperti boating, paddling, mancing, renang, dan secara ringkas disebut rekreasi air atau water sport. Bali pengunjung bisa menikmati pemandangan dari samping jalan utama sehingga tidak perlu masuk ke pura Ulun Danu, dan di sini tidak ada retribusi.

Danau Bulian dan Tamblingan

Danau ini letaknya sekitar 1 km di sebelah utara danau Beratan dengan ukuran yang lebih kecil. Akan tetapi jika dilihat dari atas rangkaian 3 danau ini kelihatan seperti satu kawah besar dan menyerupai tapal kuda. Mungkin di masa lampau ketiga kawah ini merupakan satu buah puncak yang besar yang kemudian terlempar karena letusan, ataupun ketiganya ini adalah luapan vulkanik yang membentuk pulau Bali bersama dengan luapan Batur dan Gunung Agung sehingga semakin lama endapan yang terjadi semakin tinggi. Di sekitar danau Bulian ini ada kegiatan boating, dan juga obyek wisata pura, desa tradisional dan perkebunan. Dulunya banyak sekali kegiatan trekking dan off road, namun sekarang ini nampaknya kegiatan ini sangat terbatas di daerah ini. Di sebelah lerang selatan danau ini ada perkebunan yang dikelola modern seperti strawberry dan berbagai jenis sayuran.

Pasar Kandang

Pasar ini adalah yang pertama wisatawan temui ketika memasuki wilayah Bedugul setelah menyebrangi bibir selatan kawah Beratan. Di sini ditawarkan berbagai hasil produksi pertanian dataran tinggi, mulai dari sayur, bunga, buah, tanaman hias, dan berbagai herbal. Kelihatan pasar ini sangat cantik berbeda dengan pasar-pasar di dataran rendah karena banyaknya bunga dan tanaman hias. Namun sayangnya banyak sekali tanaman hias yang bagus tumbuh di sini tidak bisa hidup atau kurang jika dibawa ke dataran rendah atau cuaca yang lebih panas.

Kebun Raya Eka Karya

Dikenal sebagai kebun Raya Bedugul berlokasi di kaki gunung Pohan yang menghadap ke danau Beratan. Wilayah ini sangat luas dengan ratusan jenis pohon yang didatangkan dari berbagai belahan dunia, demikian juga dengan jenis bunga-bungaan yang ada sangat beragam. Penataan zona yang sangat rapi memberikan pemandangan yang sangat indah di samping pemeliharaan rerumputan yang rutin. Pengelola dalam hal ini Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia juga menyiapkan tempat rekreasi yang cukup baik untuk melakukan kegiatan seperti kegiatan untuk karyawan perusahan dalam jumlah yang cukup besar, ruang-ruang terbuka dan tempat-tempat duduk yang tersebar untuk menikmati pemandangan. Di samping itu bagi anak-anak sekolah tempat ini seperti laboratorium biologi untuk pengenalan berbagai jenis divisio dan spesies tumbuhan baik tropis maupun sub tropis yang masih bisa tumbuh di sini. Karena dikelola oleh pusat, karcis masuknya Rp 7.500/orang, dan jika mobil dibawa masuk dikenakan Rp 14.000

Pura Ulun Danu

Pura ini sebagian terletak di darat dan sebagian di dalam air sehingga kelihatan sperti mengapung. Berdasarkan sejarah kerajaan Mengwi yang pernah menguasai sebagian Bali Tengah dan bahkan Banyuwangi, pura ini didirikan oleh raja mengwi yang pertama yaitu I Gusti Ngurah Sakti sekitar tahun 1632, namun karena belakangan diserang oleh kerajaan Buleleng di bawah pimpinan raja I Gusti Panji Sakti, maka wilayah Bedugul ini menjadi milik dari kerajaan Buleleng sampai jaman kemerdekaan sekarang ini. Pura Ulun Danu ini menunjukkan adanya toleransi yang luar biasa antara penganut Siwaisme dan Budisme, karena di pekarangan pura sendiri terdapat juga tempat suci Buda. Sayangnya obyek wisata ini berada di wilayah administradi Kabupaten Tabanan yang retribusi obyek wisatanya paling mahal di Bali, untuk asing Rp 50.000 an WNI Rp 25.000 tanpa tambahan fasilitas apapun alias sama seperti sepuluh tahun yang lalu.

Lapangan Golf Bali Handara

Lapangan golf ini terletak di desa Panca Sari sebuah desa tradisional yang sekarang sudah menjadi sebuah kota kecil terletak di antara danau Beratan dan danau Bulian. Lapangan golf ini terletak di antara jalan utama Denpasar - Singaraja dan di sebelah timurnya adalah bibir kaldera Beratan yang menjulang tinggi dengan tumbuhan padat menghijau. Para wisatawan diperbolehkan menikmati keindahan lapangan golf ini dari tempat sebelum pintu gebang dan sangat cocok untuk latar belakang photografi.

Pilihan paket liburan ke Bali ini benar-benar didasarkan pada anggaran yang paling murah. Untuk program wisata grup di bawah inidipilihkan hotel-hotel yang bersifat hotel kota Paket overland Jawa-Bali Overland ( city hotel ) untuk kelas melati di kota Denpasar, namun secara kualitas kondisi kamarnya cukup baik atau standard untuk wisatawan Nusantara. Karena untuk paket wisata yang mengutamakan kunjungan budaya yang meliputi berbagai jenis kesenian, keindahan alam, dan berbagai aspek kehidupan di Bali akan lebih banyak di luar hotel, sedangkan hotel hanya untuk istirahat yang baru masuk hotel setelah makan malam.

Wisata Rekreasi Bali Obyek Wisata Buatan

Khusus untuk Bali yang merupakan salah satu tujuan wisata populer dunia maupun lokal telah mampu menawarkan fasilitas wisata yang paling lengkap dengan berbagai paket tour. Semenjak tahun 2000 telah dimulai penawaran yang namanya paket liburan murah atau wisata murah walaupun sebenarnya tidak murah benar akan tetapi akan disesuaikan dengan kondisi harga masing-masing komponen penunjang program paket tour murah ke Bali tersebut. Hal ini berkaitan dengan jenis dan tingkat katagori hotel yang dipakai dalam paket, serta jenis masakan apa saja yang ingin dimasukkan.

TulambenTulamben
pantai Blue Pointpantai Suluban
KintamaniMenjangan