SUBAK

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

sawah JatiluwihSubak adalah sebuah nama untuk organisasi yang berdasarkan kepentingan akan air untuk irigasi. Karena penggunaan air ini adalah lintas desa, dan bahkan bisa lintas kecamatan, maka organisasi Subak ini juga adalah lintas pemerintahan dan adat. Demikian berjasanya organisasi ini di Bali untuk menjaga keadilan, keamanan dan kelangsungan hidup para petani padi, namun sayangnya sampai sekarang belum ada perlindungan hukum dari pemerintah daerah. Perlindungannya hanya berdasarkan keagamaan dan rasa kebersamaan warganya yang mendapat bagian air. Di Bali banyak sekali terdapat organisasi Subak ini karena penataan persawahan dengan sumber air yang berbeda-beda sesuai wilayahnya, dan bisa ditemui hampir di setiap tempat di Bali.

Tugas Pokok Subak

Sebuah organisaasi Subak akan memelihara bendungan, saluran air, dan sebuah pura secara bersama-sama. Fungsi dari sebuah pura ini adalah sebagai pengatur, mirip dengan sebuah undang-undang, walaupun sanksinya tidak merupakan sanksi fisik, karena dianggap kurang pas. Setiap kesepakatan akan diucapkan di hadapan pura dan dimohonkan kepada Tuhan bahwa tidak ada satu anggotapun nantinya akan melanggar kesepakatan tersebut. Dengan adanya organisasi ini keadilan dalam pembagian air untuk masing-masing anggota subak bisa dijaga dan dilestarikan sehingga dalam waktu yang cukup lama sebelum adanya alih fungsi tanah di Bali yang progresif sudah bisa dinikmati.

Pembagian Air oleh Subak

Teknik kerja dari pembagian air ini sangatlah adil, setiap anggota mendapatkan bagiannya setelah dibagi secara global untuk seluruh anggota sesuai kesediaan debit air. Sehingga setiap pengalir air diukur dalam centi meter yang ketat yang disebut dengan tembuku. Jika musim kemarau agak panjang sehingga debit air menurun dari sumbernya dan mengakibatkan kekurangan air, maka pengontrolan akan dilakukan secara bersama dengan membuka tutup masing-masing tembuku sehingga semua kebagian berdasarkan volume yang ada.

Subak-Suba-an

Belakangan di Bali muncul istilah Subak Abian dengan dasar organisasi yang tidak jelas dan wilayah yang tidak jelas. Mungkin hanya di beberapa kabupaten saja tidak semua kabupaten di Bali. Kejadian ini telah mengaburkan makna dari organisasi Subak yang sudah diwarisi ratusan tahun. Tujuan dari pembentukan subak abian ini juga tidak jelas atau mungkin politis saja, karena dari masa lampau keadaan pertanian atau perkebunan tidak juga mengalami perubahan bahkan ada kemunduran karena banyaknya tanah petani beralih fungsi atau dijadikan komoditi yang tidak jelas sehingga memicu petani menjual tanahnya dengan tujuan yang tidak jelas juga. Ini sangat dikawatirkan karena keberadaan tanah pertanian di desa tradisional di Bali membawa kewajiban khusus untuk memelihara desa adat dengan berbagai aktivitas rituralnya. Bahkan ada di suatu desa adat dengan semangatnya membawa istilah subak abian dan mendirikan pura baru sehingga menambah beban adat yang selama ini sudah dijejali berbagai pura. Ini tentu tidak akan menguntungkan bagi generasi penerus.

Pilihan paket liburan ke Bali ini benar-benar didasarkan pada anggaran yang paling murah. Untuk program wisata grup di bawah inidipilihkan hotel-hotel yang bersifat hotel kota Paket overland Jawa-Bali Overland ( city hotel ) untuk kelas melati di kota Denpasar, namun secara kualitas kondisi kamarnya cukup baik atau standard untuk wisatawan Nusantara. Karena untuk paket wisata yang mengutamakan kunjungan budaya yang meliputi berbagai jenis kesenian, keindahan alam, dan berbagai aspek kehidupan di Bali akan lebih banyak di luar hotel, sedangkan hotel hanya untuk istirahat yang baru masuk hotel setelah makan malam.

Wisata Rekreasi Bali Obyek Wisata Buatan

Khusus untuk Bali yang merupakan salah satu tujuan wisata populer dunia maupun lokal telah mampu menawarkan fasilitas wisata yang paling lengkap dengan berbagai paket tour. Semenjak tahun 2000 telah dimulai penawaran yang namanya paket liburan murah.

TulambenTulamben
pantai Blue Pointpantai Suluban
KintamaniMenjangan