TEGALALANG

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Tegalalang adalah sebuah desa tradisional yang lokasinya hanya 2 km dari kota Ubud, dan sekitar 27 km dari kota Denpasar. Untuk mencapai daerah ini bisa melalui kota Ubud atau melalui desa Mas. Akan lebih lancar perjalanannya jika melalui desa Mas dengan mengambil jalan utama Denpasar - Batuan - Mas dan langsung melewati jalan Padang Tegal di sisi timur kota Ubud.

Daya Tarik Tegalalang

Daya tarik utama di lingkungan desa ini adalah sawah berteras, di seberang jalan sebelah utara desa. Sebenarnya sawah berteras ini jauh lebih kecil dari yang di Jatiluwih, dan tidak begitu kentara keindahannya. Hanya saja jalur ke daerah ini merupakan jalur wisata paling padat semenjak Bali dikenal sebagai obyek wisata. Terutama adalah jalur wisata Kintamani, yang pada waktu berangkatnya akan melewati Tampak Siring, dan waktu kembalinya melalui pedesaan di lembah bagian barat pegunungan Kintamani. Jalur ini dianggap lebih asli dan masih menyimpan kesan belum terjamah oleh pariwisata. Mulai tahun 1990an akhir banyak sekali tour operator di luar negeri merasa bahwa tour operator di Bali terlalu mengutamakan shopping sehingga mereka memaksakan untuk mencarikan jalur non komersial dan lebih mencerminkan tradisi Bali. Berdasarkan permintaan inilah banyak sekali usaha dari tour operator lokal mencarikan pilihan-pilihan jalur wisata tanpa mengurangi kunjungan ke tempat-tempat obyek dengan daya tarik utama sebelumnya.

Dampak Langsung Obyek Tegalalang

Secara alamiah di mana jalur wisata di situlah tumbuh berbagai usaha mulai dari usaha kecil tradisional sampai perusahan yang memerlukan modal besar. Demikian juga dengan desa Tegalalang, segera muncul sebagai salah satu tempat yang penuh dengan berbagai usaha kerajinan, hotel dan restoran. Hal ini juga dipicu oleh perkembangan ekonomi yang terjadi di kota Ubud dan sekitarnya sehingga Tegalalang mendapatkan dampak langsung. Sebelum Bali dibom, Tegalalang merupakan obyek wisata khusus bagi wisatawan bisnis. Mereka membeli berbagai jenis kerajinan tangan, khususnya dari Amerika Serikat untuk dipasarkan di negaranya sendiri. Importir-importir kecil sangat banyak dari Eropah dan Australia yang memicu kenaikan pendapatan yang sangat tajam. Namun sayang dengan dibomnya Kuta oleh teroris yang mengatasnamakan Islam seketika kegiatan usaha tersebut padam, dan meninggalkan sangat sedikit kesempatan berusaha dan bahkan bisa dikatakan hampir lenyap.

Kondisi Obyek Belakangan

Sekarang ini Tegalalang tetap merupakan tempat persinggahan yang menarik walaupun sebenarnya wisatawan asing yang dulu banyak sekali membawa devisa sekarang ini sudah sangat sedikit. Sebagai dampak dari teroris yang memicu berbagai tindakan penyelamatan masing-masing negara yang dimusuhi oleh teroris dan tindakan ini justru menimbulkan krisis ekonomi global, karena ditutupnya berbagai produksi maupun jasa antar negara setelah bom Bali, London dan khususnya bom kereta api di Spanyol. Demikian besar dampak dari pengeboman-pengeboman yang dilakukan teroris ini, terlepas apakah itu memang benar-benar karena misi agama Islam ataukah sebuah konspirasi bawah tanah dari sebuah kelompok tertentu yang menginginkan kejatuhan kapitalisme, tapi tidak memahani komunisme secara utuh. Tetap kita bersukur walaupun tidak memuji negeri sendiri, kemajuan ekonomi China dan India demikian pesat sehingga dua negara inilah yang menyokong wisata Bali pada masa sekarang ini. Untuk mengunjungi obyek wisata ini dikenakan Rp 5.000 per orang.

Untuk program wisata grup di bawah inidipilihkan hotel-hotel yang bersifat hotel kota Paket overland Jawa-Bali Overland ( city hotel ) untuk kelas melati di kota Denpasar, namun secara kualitas kondisi kamarnya cukup baik atau standard untuk wisatawan Nusantara karena yang dipentingkan adalah pengenalan budaya Bali yang menarik.

Wisata Rekreasi Bali Obyek Wisata Buatan

Khusus untuk Bali yang merupakan salah satu tujuan wisata populer dunia maupun lokal telah mampu menawarkan fasilitas wisata yang paling lengkap dengan berbagai paket tour. Semenjak tahun 2000 telah dimulai penawaran yang namanya paket liburan murah atau wisata murah walaupun sebenarnya tidak murah benar akan tetapi akan disesuaikan dengan komponen penunjangnya.

TulambenTulamben
pantai Blue Pointpantai Suluban
KintamaniMenjangan