MONKEY FOREST

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Lebih dikenal sebagai Ubud Monkey Forest yang dalam bahasa Balinya Wanara Wana ini berada di perbatasan kota Ubud bagian selatan, sekitar 3 km dari pusat kota. Jalan yang melalui gerbang monkey forest ini menuju ke arah kota juga dinamai Jl. Wanara Wana, akan tetapi lebih dikenal sebagai Jl. Monkey forest. Jalan ini adalah salah satu dari 4 jalan yang menuju ke pusat kota Ubud dari arah selatan, dan salah satu yang paling ramai dengan berbagai pertokoan dan hotel dari yang sederhana sampai villa mewah bintang 5. Dari Sanur jaraknya sekitar 40 km, dari Kuta 55 km dan dari Nusa Dua berkisar 65 km, jadi kota Ubud ini hampir berada di tengah-tengah pulau Bali.

Keberadaan wanara yang artinya kera ini telah memberikan sebuah berkah bagi masyarakat adat yang mengelola wilayah tersebut karena telah menjadi obyek wisata yang cukup menarik bukan saja wisatawan manca Negara akan tetapi juga wisatawan dalam negeri. Ada cukup banyak tempat-tempat yang dekat perkotaan atau pemukiman yang telah dilestarikan oleh masyarakat seperti Sangeh, Kedaton, Uluwatu, dan Gerokgak. Untuk melestarikan warisan alam yang berupa binatang ini masyarakat Bali selalu membangun pura, karena pura sangat dikeramatkan, sehingga tidak ada yang berani mengganggu atau memburu binatang tersebut, bahkan sering dibuatkan mitos yang bisa memberikan perlindungan magis kepada binatang tersebut. Demikian juga dengan wanara wana ini wisatawan akan menjumpai sebuah komplek pura di dalam hutan yang merupakan habitat dari kera liar ini.

Bagi pengunjung diharapkan tetap berada di jalan yang diberi paving, karena kalau masuk ke hutan kera-kera tersebut bisa agresif karena dikira akan merusak habitatnya sendiri. Jika anda ingin memberi makanan kepada kera-kera itu langsung diberikan jangan setelah diberikan diambil kembali karena bisa menyerang, demikian juga jangan membawa sesuatu yang bisa memberikan kesan makanan di dekat mereka. Kera-kera ini paling suka makan pisang dan papaya. Wisatawan kadang-kadang bisa melihat mereka sedang mengupas kelapa. Diharapkan juga kepada para pengunjung untuk menghormati tanaman dan struktur yang ada sehingga tetap terjaga dengan baik sebagai pelestarian alam dan lingkungannya.

Petugas resmi dari yayasan Wanara Wana ini berseragam hijau, dan ada juga petugas bagian riset, kepada mereka anda bisa tanyakan berbagai hal yang berhubungan dengan monkey forest Ubud ini. Walaupun masyarakat Bali sekarang sudah mengetahui bahwa pelestarian alam dan isinya tersebut bisa dijelaskan secara ilmiah, namun masih tetap menghormati cara lama yaitu pendekatan keagamaan untuk melestarikan alam yaitu dengan mendirikan pura, menciptakan mitos magis atau mitos dewa dewi dan sebagainya. Ketika kesadaran spiritual ( akal ) belum dicapai, masyarakat menciptakan suatu ajaran yang disebut dengan tri hita karana, atau 3 penyebab berlangsunya kehidupan yang harmonis.

Menurut publikasi dari yayasan Wanara Wana ada sebuah tulisan yang disebut Pura Purana yang artinya sejarah pura yang menyebutkan pura dibangun pada abad ke-14 yang rajanya bertahta di Pejeng. Pura yang berada di tengah-tengah hutan ini bernama Pura Dalem Agung yang berada di sebelah selatan bagian barat hutan, pura kedua adalah tempat permandian suci yang berada dekat aliran sungai dan ada kolamnya, dan pura Prajapati dan kuburan yang terletak paling selatan. Kera-kera yang hidup di perlindungan ini disebut Bali macaq dalam bahasa Latin macaca fasciclaris yang tersebar luas dan paling sukses dalam menghadapi seleksi alam di Bali.

Ada sekarang sekitar 300 ekor yang hidup di monkey forest Ubud, sekitar 35 jantan dewasa, 95 betina dewasa dan 170 masih muda. Dari semuanya terbentuk 3 kelompok yang cendrung mengindentifikasi diri dalam grupnya. Dan sering terjadi konflik ketika lebih dari satu kelompok berada dalam wilayah yang sama. Jantan dewasa bisa mencapai berat 8 sampai 10 kg dengan taring yang besar, pundak lebar dan bulu muka lebat. Betinanya lebih kecil dengan ukuran 4 sampai 8 kg dengan rambut muka yang panjang. Kera-kera Bali ini bergerup para betina yang ada hubungan yang disebut matriline. Kera jantan biasanya bermigrasi dan mencoba menggabungkan diri dengan kelompok-kelompok betina tersebut. Antara jantan dengan betina ada hubungan yang dominan, akan tetapi tidak selalu konsisten.

Musim kawin bisa berlangsung sepanjang tahun, dan anak-anaknya lahir sekitar bulan Mei sampai Agustus. Ketika memelihara bayi ada induk yang sangat protektif dan ada juga yang permisif, sering betina lain juga mengurus anak-anak, dan bahkan ada juga jantan dewasa yang ikut perhatian kepada anak-anak seperti induk aslinya.

Konservasi kera liar ini di Monkey forest Ubud telah menarik minat berbagai ilmuwan dari seluruh dunia khususnya mempelajari hubungan antara manusia dengan binatang ini, karena biasanya tidak bisa harmonis, sedangkan di sini spertinya antara manusia dan para kera ini adalah sebuah tetagga yang demikian harmonisnya. Kera-kera ini tidak menganggu penduduk maupun tanaman petani seperti yang terlihat di India.

logo Yayasan Wanara WanaMANDALA WISATA WANARA WANA
Jalan Monkey Forest, Padangtegal, Ubud, Gianyar 80571
Phone 62-361 971304, 972774 Email info@monkeyforestubud.com

Pilihan paket liburan ke Bali ini benar-benar didasarkan pada anggaran yang paling murah. Untuk program wisata grup di bawah inidipilihkan hotel-hotel yang bersifat hotel kota Paket overland Jawa-Bali Overland ( city hotel ) untuk kelas melati di kota Denpasar, namun secara kualitas kondisi kamarnya cukup baik atau standard untuk wisatawan Nusantara. Karena untuk paket wisata yang mengutamakan kunjungan budaya yang meliputi berbagai jenis kesenian, keindahan alam, dan berbagai aspek kehidupan di Bali akan lebih banyak di luar hotel, sedangkan hotel hanya untuk istirahat yang baru masuk hotel setelah makan malam.

Wisata Rekreasi Bali Obyek Wisata Buatan

Khusus untuk Bali yang merupakan salah satu tujuan wisata populer dunia maupun lokal telah mampu menawarkan fasilitas wisata yang paling lengkap dengan berbagai paket tour. Semenjak tahun 2000 telah dimulai penawaran yang namanya paket liburan murah atau wisata murah walaupun sebenarnya tidak murah benar akan tetapi akan disesuaikan dengan kondisi harga masing-masing komponen penunjang program paket tour murah ke Bali tersebut. Hal ini berkaitan dengan jenis dan tingkat katagori hotel yang dipakai dalam paket, serta jenis masakan apa saja yang ingin dimasukkan. Karcis masuk per orang Rp 30.000 per orang, pengelola memberikan diskon besar kepada perusahan jasa perjalanan.

TulambenTulamben
pantai Blue Pointpantai Suluban
KintamaniMenjangan