GEOGRAPHY RINGKAS

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Pulau Bali luasnya sekitar 5,000 km persegi dengan lokasi garis lintang selatan antara 8o03' 40" dan 8o50' 48" dan antara garis bujur timur 114o25' 53" dan 115o42' 40". Dibagi menjadi 8 Kabupaten dan 1 Kabupaten kota.

Daratan dipengaruhi oleh iklim laut tropis dengan suhu udara minimum rata-rata 25oC maksimum bisa mencapai 31o. Di daerah dataran tinggi di atas 800 m dari permukaan laut temperatur bisa jauh lebih rendah pada malam hari selama bulan Juli dan Agustus yang bisa mencapai 18o seperti daerah Bedugul dan Kintamani.

Jumlah sungai ada 247 yang terpanjang adalah sungai Ayung 62 km dengan hulu di kaki gunung Bon. Tidak semua sungai di Bali mengalirkan air sepanjang tahun, ada yang hanya mengalirkan air selama musim hujan, dan bahkan ada yang kering selamanya sudah bertahun-tahun. Ada tanda bahwa persediaan air sudah menurun seiring dengan berkurangnya hutan asli.

Permukaan pulau Bali bergunung-gunung dan barisan gunung membentang dari barat ke timur dengan puncak-puncaknya Gunung Sanghyang di wilayah Negara, Gunung Batukaru (2.276 m ), Gunung Mangu, Gunung Bon, Gunung Batur, Gunung Agung ( 3.142 m ), dan Gunung Abang ( 2.152 m ) Sehingga dataran berada di sebelah utara dan selatan barisan gunung-gunung ini. Namun untuk sebelah utaranya datarannya agak sempit, dan lebih banyak pengunungannya, mirip dengan daerah bagian timur Bali selatan. Secara keseluruhan ada puncak-puncak pegunungan sebanyak 24. Untuk daerah pertanian yang bisa mendapatkan pengairan berada pada ketinggian antara 12 sampai 425 meter dari permukaan laut. Sedangkan di daerah pengunungan yang tingginya lebih dari 600 meter diusahakan perkebunan karena tidak bisa mendapatkan air untuk irigasi.