PURA BEJI

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Pura Beji berada di Desa Sangsit lecamatan Sawan, 8 km sebelah timur kota Singaraja dekat dengan pantai. Dari kota Denpasar berkisar 90 km melalui Kintamani. Bali Utara secara alamiah sedikit ada perbedaan dengan Bali selatan, demikian juga ada perbedaan halus yang sering tidak kentara bagi orang luar antara kejiwaan utara dan selatan ini. Demikian juga dalam bidang kesenian, agama, dan sosialnya. Bahasa persis sama, hanya dalam tataran etika sedikit ada perbedaan. Sangat menarik sebenarnya untuk menelusuri perbedaan ini. Secara umum sama dengan Bali selatan penduduknya terdiri dari 2 kelompok yang berbeda secara tradisi yaitu Bali Kuno dan Bali kebanyakan. Bali Kuno misalnya Desa Sembiran, Desa Sidatapa, Desa Pedawa, dan desa Tigawasa. Desa-desa kuno ini sama dengan yang di Bali selatan seperti Trunyan, dan Tenganan Pegringsingan.

Pura Beji

Seni Bangunan

Sebuah perbedaan yang nyata dari seni pahat dan arsitektur di Bali utara adalah adanya hiasan berlebihan dengan tumbuh-tumbuhan, dan lebih mencerminkan kekinian yang distailis. Di tahun 1846 ketika kerajaan Buleleng jatuh ke tangan Belanda setelah Puputan Jagaraga, banyak sekali pengaruh Eropah masuk ke wilayah ini. Demikian juga seniman nampaknya melihat sepeda kayuh, dan memahatnya di tembok pura walaupun dalam bentuk stylis bunga, tapi sangat jelas kelihatan adalah sebuah sepeda.

Sejarah Pura Beji

Tidak ada data sejarah yang memberikan informasi kapan sebenarnya pura ini dibangun. Akan tetapi berdasarkan praktek-praktek ritual yang ada sampai sekarang jelas sekali bahwa pura ini dibangun oleh kelompok organisasi Subak sebagai penjaga hubungan Pura Beji Sangsitorganisasi irigasi. Hal ini memang sangat didukung oleh keadaan alam di daerah ini tempat bertanam padi yang cukup baik. Berbeda dengan daerah Buleleng di bagian barat yang sangat kering.

Daya Tarik Pura Beji

Suatu daya tarik yang unik adalah ukiran yang dibuat penuh ke seluruh bagian bagungan dan tembok, sehingga seolah-olah tidak ada ruang yang kosong. Dan jenis ukiran memang agak lain dengan yang ditemukan pada umumnya di Bali bagian selatan. Untuk mengunjungi pura ini ada sebuah paket tour yang bisa dibooking yaitu Kintamani Singaraja tour. Tour ini bisa berlangsung 9 jam, dan bagi mereka yang sedang fit tidaklah berat untuk mengikuti tour sepanjang ini. Karcis masuk pura ini sampai saat ini Rp 10.000 per orang.

Untuk program wisata grup di bawah inidipilihkan hotel-hotel yang bersifat hotel kota Paket overland Jawa-Bali Overland ( city hotel ) untuk kelas melati di kota Denpasar, namun secara kualitas kondisi kamarnya cukup baik atau standard untuk wisatawan Nusantara. Karena untuk paket wisata yang mengutamakan kunjungan budaya khususnya kebudayaan Bali yang sangat kaya dengan variasi dan kreasi dan telah memberikan kesejahtraan fisik yang cukup kepada sebagian besar masyarakat yang sungguh-sungguh senang bekerja.

Wisata Rekreasi Bali Obyek Wisata Buatan

Khusus untuk Bali yang merupakan salah satu tujuan wisata populer dunia maupun lokal telah mampu menawarkan fasilitas wisata yang paling lengkap dengan berbagai paket tour. Semenjak tahun 2000 telah dimulai penawaran yang namanya paket liburan murah atau wisata murah walaupun sebenarnya tidak murah benar akan tetapi akan disesuaikan dengan kondisi harga masing-masing komponen penunjang program paket tour murah ke Bali tersebut. Hal ini berkaitan dengan jenis dan tingkat katagori hotel yang dipakai dalam paket, serta jenis masakan apa saja yang ingin dimasukkan.