PURA BESAKIH

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Pura BesakihPaket wisata untuk mengunjungi pura Besakih sudah tersedia semenjak mulainya Bali dikenal sebagai daerah tujuan wisata. Oleh karena itu satu paket khusus untuk mengunjungi pura ini dalam satu hari sudah disusun secara khusus. Paket ini menggabungkan beberapa obyek wisata untuk dikunjungi dalam sekali perjalanan yaitu Kerta Gosha di tengah kota Klungkung, dan Guwa Lawah di pantai dekat Candidasa. Ada beberapa paket yang menawarkan kunjungan pura Besakih ini silahkan klik Paket Wisata Bali

Lokasi Besakih

Pura Besakih belokasi di kaki gunung Agung yang merupakan gunung tertinggi di Bali yakni 3142 meter di atas permukaan laut. Lokasinya di desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Dari Denpasar sekitar 70 km jika ditempuh melalui jalur lama yaitu Gianyar - Klungkung - Besakih. Dengan adanya pembukaan jalan baru sepanjang pantai timur selatan Bali jaraknya sekarang lebih pendek, karena jalan ini lurus sampai Klungkung. Besakih adalah komplek pura terbesar di Bali yang menurut tradisi sebagai pendirinya adalah kelompok 8 yaitu desa-desa tradisional yang berdekatan dengan pura Besakih tersebut. Di antaranya dari keturunan kelompok 8 tersebut masih ada yang ingat bahwa kakeknya adalah salah satu panitia waktu pendirian pura tersebut. Jadi kalau kita lihat baru 3 generasi dari sekarang.

Depan BesakihSecara keseluruhan ada sekitar 202 bangunan besar dan kecil di seluruh 18 komplek bangunan tersebut. Dari tempat parkir sampai ke pura pokok jaraknya sekitar 300 meter dan menanjak sehingga diperlukan kondisi yang cukup fit untuk bisa berjalan dari tempat parkir, lalu ditambah dengan mengelilingi pura yang kalau dilakukan dengan jalan kaki biasa memerlukan waktu sekitar 1 jam sambil mengamati pura tersebut. Sayangnya wisatawan tidak bisa hanya mengamati pura dari halaman pertama saja, karena posisi pura yang dibangun di atas tanah miring diteras-teras.

Kerajaan Utama Bali

Pura ini sudah pasti didirikan oleh kerajaan Klungkung sebagai pengesahan bahwa kerajaan Klungkung adalah kerajaan yang menguasai Bali secara utuh, dan untuk menjaga ketaatan masyarakat terhadap kerajaan, atau memberikan ikatan bukan saja secara duniawi kepada raja Klungkung dari dinasti Kepakisan. Di jaman kerajaaan Bali baik Bali kuno maupun Bali pertengahan yang dipakai untuk melegalisir sebuah kekuasaan adalah keagamaan, bukan kemajuan sosial seperti kerajaan modern di Eropah. Hal ini juga terjadi pada kerajaan-kerajaan lain di Nusantara, sehingga seluruh kerajaan menjadi rapuh, mudah dihancurkan oleh kerajaan dari luar, bahkan para pedagangpun mampu menaklukkannya seperti para pedagang Hindu, Budha, Islam di masa lampau dan EIC dan VOC di jaman modern, sehingga seolah-olah bangsa ini tidak punya kepribadian sendiri. Tentunya ini harus menjadi pertimbangan pokok bagi para pemimpin di tingkat daerah dan pusat jika kenasionalan Indonesia mau dipertahankan selamanya.

Tulisan Yang Mengacaukan

Akan ternyata kelihatan bahwa banyak tulisan-tulisan kuno yang mengacaukan sejarah seperti purana Markandeya. Ada juga sebuah tulisan di atas daun lontar yang ditemukan di salah satu bangunan di pura menyebutkan pendiri pura adalah Sri Wira Kesari yang menyebut wilayah pura adalah bagian dari istananya. Dan isi lontar inipun sangat aneh, karena tidak ada raja bernama Sri Wira Kesari, yang ada adalah Sri Kesari Warmadewa, itupun dari abad ke-9 dalam perjalanan prasastinya tidak pernah menyebut Besakih, yang justru lebih banyak disebut adalah pura Hyang Api di Kehen, Pura Hyang Tanda, dan Pura Tamblingan. Oleh karena itu lontar tersebut tidak merupakan sumber sejarah. Kenyataan ini banyak ditemukan yang mengkaitkan pura dengan tokoh agama atau mengaku tokoh masyarakat yang tidak kalah perannya dibandingkan dengan seorang raja, bahkan ada kalanya tulisan itu menceritakan bahwa raja tidak mendengarkan nasehatnya lalu terjadilah bencana. Mungkin di masa lampau terjadi ketidakpuasan tokoh tertentu terhadap raja atau sekedar ingin memberi pesan bahwa mereka juga berjasa.

Bagi wisatawan diharapkan jangan masuk ke areal pura, tapi tetap melalui jalan yang sudah disiapkan dan lebih banyaklah konsultasi dengan tour guide. Karena di sana ada guide lokal yang nakal dan menipu wisatawan. Demikian juga penjaga pura ada yang tidak ramah atau angkuh, sehingga anda harus mempersiapkan diri agar tidak terlibat dengan orang-orang yang tidak waras. Karcis masuknya juga sudah mengikut cukup mahal Rp 20.000 per orang.

Pilihan paket liburan ke Bali ini benar-benar didasarkan pada anggaran yang paling murah. Untuk program wisata grup di bawah inidipilihkan hotel-hotel yang bersifat hotel kota Paket overland Jawa-Bali Overland ( city hotel ) untuk kelas melati di kota Denpasar, namun secara kualitas kondisi kamarnya cukup baik atau standard untuk wisatawan Nusantara. Karena untuk paket wisata yang mengutamakan kunjungan budaya yang meliputi berbagai jenis kesenian, keindahan alam, dan berbagai aspek kehidupan di Bali akan lebih banyak di luar hotel, sedangkan hotel hanya untuk istirahat yang baru masuk hotel setelah makan malam.

Wisata Rekreasi Bali Obyek Wisata Buatan

Khusus untuk Bali yang merupakan salah satu tujuan wisata populer dunia maupun lokal telah mampu menawarkan fasilitas wisata yang paling lengkap dengan berbagai paket tour. Semenjak tahun 2000 telah dimulai penawaran yang namanya paket liburan murah atau wisata murah walaupun sebenarnya tidak murah benar akan tetapi akan disesuaikan dengan kondisi harga masing-masing komponen penunjang program paket tour murah ke Bali tersebut. Hal ini berkaitan dengan jenis dan tingkat katagori hotel yang dipakai dalam paket, serta jenis masakan apa saja yang ingin dimasukkan.