GUA LAWAH

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Guwa Lawah sebenarnya adalah nama untuk sebuah gua alam yang terletak di sebuah tebing di pantai sebelah timur kota Klungkung sekitar 5 km, dan hanya 10 km di sebelah timur gua ini adalah destinasi wisata Padang Bai dan Candi Dasa. Lokasi Gua ini sekitar 57 km dari kota Denpasar melalui jalan dalam perkotaan seperti Gianyar dan Klungkung. Namun melewati jalan baru yang menyisir pantai selatan Bali timur akan jauh lebih dekat dan lebih cepat.

Lokasi Gua Lawah

Letak gua yang di pantai berpasir hitam dan luas memberikan pemandangan yang cantik, dan dikejauhan arah selatan kelihatan pulau Nusa Penida di seberang lautan. Nusa Penida merupakan wilayah kabupaten Klungkung, dan masyarakat biasanya menyeberang ke pulau tersebut dengan perahu tradisional melalui pelabuhan disebelah barat Gua Gajah bernama Kusamba. Pelabuhan ini terkenal dengan masakan ikan segarnya, khususnya masakan tradisional Bali, dan setiap orang yang lewat ke timur akan singgah untuk membeli masakan di tempat ini.

Pura Guwa LawahAda mitos yang mengatakan bahwa gua ini terus berlanjut sampai pura Besakih, namun belum ada yang membuktikan hal ini, karena sulit, terlalu sempit. Secara geologis, gua ini terbentuk karena adanya sungai bawah tanah di masa lampau, yang sekarang airnya sudah lenyap. Hilangnya air ini bisa disebabkan oleh hilangnya hutan sepanjang antara Besakih dan pantai karena dipakai tanah pertanian oleh penduduk dan timbulnya banyak pemukiman yang berupa desa-desa tradisional, bahkan nampak sangat dekat dengan perbatasan kaki gunung Agung.

Sejarah Pura Gua Lawah

Di mulut gua hidup ratusan kelelawar, dan ular sering datang ke tempat tersebut untuk menangkap kelelawar tersebut sebagai mangsanya. Sudah menjadi kebiasaan masyarakat Bali untuk melestarikan kehidupan alam maupun peninggalan budaya maka didirikanlah sebuah pura. Dengan adanya sebuah pura maka orang tidak bisa menangkap kelelawar maupun merusak lingkungan hidup dari kelelawar tersebut. Namun ada seorang yang mengklaim bahwa yang mendirikan pura tersebut adalah Mpu Kuturan yang disebut oleh sebuah tulisan atas daun lontar dari abad pertengahan bernama Usana Bali dan Babad Pasek. Menurut sumber ini Mpu Kuturan adalah seorang perdana mentri di abad ke-11. Sumber ini sangat ngawur, dan tidak bisa dipercaya. Karena di abad ke-11 tersebut yang ada adalah jabatan bernama Senapati Kuturan, bukan perdana mentri. Raja Bali tidak mempunyai perdana mentri, tetapi ada mentri sebagai kepala pasukan saja bukan mengurus negara, di bawah raja ada banyak pembantunya yang diberi gelar Senapati dan kemungkinan ada seorang yang diangkat menjadi kepala senapati. Karena tidak ada sumber lain yang bisa dipakai untuk mengungkap sejarah pura ini, maka ada kemungkinan didirikan hampir bersamaan dengan pura Besakih, pada masa pemerintahan berpusat di Gelgel 1380 s.d 1770. Semasa pemerintahan Dalem Waturenggong 1460 – 1550 tercatat banyak sekali pendirian pura karena kekuasaan kerajaan Bali waktu itu sangat luas meliputi Pasuruan, Blambangan, Lombok, dan Sumbawa.

Makna Pura Guwa Lawah

Tidak bisa dilupakan juga bahwa sebuah tulisan kuno abad pertengahan tentang Rsi Dang Hyang Nirarta juga menyebut Gua ini, dan sebuah tulisan yang disebut dengan sejarah kerajaan Mengwi. Namun kedua sumber ini juga tidak bisa dipakai untuk menulis sebuah sejarah karena banyak yang tidak logis. Yang paling masuk akal pura ini adalah sebagai usaha kerajaan untuk melestarikan habitat kelelawar sehingga perlu dibuatkan mitos yang memberikan rasa hormat dari masyarakat. Sebagai management kerajaan, maka pura ini dipakai sebagai pura segara ( pura laut ). Hal ini ternyata pura ini tidak pernah sepi dari kegiatan yang disebut memukur yang memberikan gambaran bahwa pura ini didirikan sebagai ciri utama sistem keagamaan sebuah kerajaan berdaulat yang nantinya akan ditiru oleh kerajaan-kerajaan kecil di bawah Klungkung. Karcis masuk untuk obyek-obyek wisata di Kabupaten Klungkung yang dikelola oleh pemerintah masih cukup wajar, yaitu Rp 12.000 perorang WNI atau WNA.

Pilihan paket liburan ke Bali ini benar-benar didasarkan pada anggaran yang paling murah. Untuk program wisata grup di bawah inidipilihkan hotel-hotel yang bersifat hotel kota Paket overland Jawa-Bali Overland ( city hotel ) untuk kelas melati di kota Denpasar, namun secara kualitas kondisi kamarnya cukup baik atau standard untuk wisatawan Nusantara. Karena untuk paket wisata yang mengutamakan kunjungan budaya yang meliputi berbagai jenis kesenian, keindahan alam, dan berbagai aspek kehidupan di Bali akan lebih banyak di luar hotel, sedangkan hotel hanya untuk istirahat yang baru masuk hotel setelah makan malam.

Wisata Rekreasi Bali Obyek Wisata Buatan

Khusus untuk Bali yang merupakan salah satu tujuan wisata populer dunia maupun lokal telah mampu menawarkan fasilitas wisata yang paling lengkap dengan berbagai paket tour. Semenjak tahun 2000 telah dimulai penawaran yang namanya paket liburan murah atau wisata murah walaupun sebenarnya tidak murah benar akan tetapi akan disesuaikan dengan kondisi harga masing-masing komponen penunjang program paket tour murah ke Bali tersebut. Hal ini berkaitan dengan jenis dan tingkat katagori hotel yang dipakai dalam paket, serta jenis masakan apa saja yang ingin dimasukkan.