PURA KEHEN

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Pura Kehen terletak di sebelah utara kota Bangli, boleh dikatakan berada di perbatasan kota yang hanya 1 km di tempat yang tinggi sehingga memberikan pemandangan yang sangat indah di atas kota. Kota Bangli sebagai Ibukota dari kerajaan Bangli, dan sekarang sebuah kabupaten dengan wilayah yang terkecil kedua di Bali mempunyai kontur tanah yang tinggi bergunung-gunung sampai ke daerah Kintamani. Kota Bangli hanya 47 km dari Denpasar bisa di capai dari banyak jalur lalu lintas, dan yang paling sering karena kepentingan wisata adalah lewat kota Gianyar atau Kintamani.

Dokumen Tentang Kehen

Penyebutan nama pura Kehen atau Hyang Kehen sudah sangat tua yakni dokumen-dokumen kerajaan dari tahun 911 s.d 1000 AD sudah Pura Kehenmenyebutkan Hyang Api. Api menunjuk kepada dapur yang dalam bahasa Sanskerta Kern dalam bahasa Inggris Kiln. Morfen R sering bisa diganti oleh H, sehingga penyebutan Kern bisa saja dengan Kehen. Pada masa itu banyak prasasti kerjaan yang menyebut adanya kedatangan biksu Budha ke Kintamani, dan raja memerintahkan masyarakat di Kintmani untuk membantu para biksu tersebut untuk keperluan sehari-harinya. Dalam kegiatan disebutkan keberadaan pura Hyang Api atau Hyang Kehen. Namun demikian sekarang ini nama Hyang Api sering dikaitkan dengan kegiatan sabungan ayam, khususnya masyarakat pegunungan Bali tengah.

Seni Bangunan Kehen

Arsitektur pura yang sekarang kelihatan sangat antik dengan batu hitam, dan keramik Cina kelihatan sangat kuno, namun tidak ada catatan yang pasti kapan sebenarnya pura ini dibentuk menjadi sebuah pura dengan arsitektur seperti sekarang ini. Karena ada kecendrungan pura itu diperluas secara bertahap dan disesuaikan dengan kondisi pada saat perubahan dilakukan. Sebagai obyek wisata pura ini sangat berharga karena sekarang ini sudah menjadi pura gunung dari kerajaan Bangli dan pada masa kemerdekaan menjadi Kabupaten Bangli. Berdekatan degnan pura ini adalah sebuah desa kuno pegunungan yang khas bernama Panglipuran. Desa ini oleh sebuah organisasi pencinta Bambu dunia dipakai sebagai contoh pengembangan bambu secara modern, dan konferensi Bambu dunia sudah pernah diadakan di Bali sekitar tahun 1995. Memang Indonesia belum bisa mengalahkan Cina dalam produksi bambu, namun paling tidak seharusnya kegiatan ini memberikan motivasi kepada masyarakat Bali, bahwa bambu kalau benar-benar dibudidayakan akan memberikan nilai ekonomi yang tidak kalah dengan produk pertanian lainnya. Obyek-obyek wisata di Kabupaten Bangli sekarang ini sangat mahal, mungkin dijadikan sumber pendapatan daerah, bukannya dijadikan alat untuk mengembangkan perekonomian masyarakat. Kehen misalnya adalah obyek budaya paling mahal d Bali karcisnya Rp 35.000 per orang.

Pilihan paket liburan ke Bali ini benar-benar didasarkan pada anggaran yang paling murah. Untuk program wisata grup di bawah inidipilihkan hotel-hotel yang bersifat hotel kota Paket overland Jawa-Bali Overland ( city hotel ) untuk kelas melati di kota Denpasar, namun secara kualitas kondisi kamarnya cukup baik atau standard untuk wisatawan Nusantara. Karena untuk paket wisata yang mengutamakan kunjungan budaya yang meliputi berbagai jenis kesenian, keindahan alam, dan berbagai aspek kehidupan di Bali akan lebih banyak di luar hotel, sedangkan hotel hanya untuk istirahat yang baru masuk hotel setelah makan malam.

Wisata Rekreasi Bali Obyek Wisata Buatan

Khusus untuk Bali yang merupakan salah satu tujuan wisata populer dunia maupun lokal telah mampu menawarkan fasilitas wisata yang paling lengkap dengan berbagai paket tour. Semenjak tahun 2000 telah dimulai penawaran yang namanya paket liburan murah atau wisata murah walaupun sebenarnya tidak murah benar akan tetapi akan disesuaikan dengan kondisi harga masing-masing komponen penunjang program paket tour murah ke Bali tersebut. Hal ini berkaitan dengan jenis dan tingkat katagori hotel yang dipakai dalam paket, serta jenis masakan apa saja yang ingin dimasukkan.