PURA SEBATU

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Pura Sebatu demikian dikenal namanya adalah sebuah pura yang tereletak di Banjar Adat Sebatu desa Pujung, Kecamatan Tampak Siring, sekitar 15 km di sebelah utara kota Ubud. Sebenarnya nama pura ini adalah Pura Gunung Kawi, sehingga selama ini Kabupaten Gianyar mempunyai dua pura bernama Gunung Kawi, yang satu lagi adalah sebuah pura yang didirikan sebagai pelindung dari peninggalan Purba di sebelah selatan desa Tampak Siring yang dianggap sebagai monumen peringatan atas Raja Anak Wungsu.

Sejarah Pura

Kalau dilihat dari asal-usul pura ini mirip dengan pura Tirta Empul, yaitu sebuah pura yang didirikan untuk melindungi sumber air yang cukkup besar sebagai supply irigasi, sehingga lebih dikenal sebagai pura Subak. Sumber air yang berasal dari berbagai tempt ditata dengan rapi mirip dengan yang di Tirta Empul sehingga menimbulkan pemandangan yang asri, benar-benar suatu usaha pelestarian alam yang dijiwai oleh keagamaan, sehingga tidak ada orang yang sembarangan merusak lingkungan di sekitar mata air tersebut.

Salah Satu Obyek Wisata Populer

Karena penataan dan fasilitasnya yang cukup baik pura ini menjadi obyek wisata sudah cukup lama setua pura Tirta Empul dan Besakih. Lokasinya yang demikian sejuk dan berada di sebuah dataran yang lebih rendah dari lingkungan sekitarnya membuat daerah ini mempunyai temperatur yang cukup enak baik siang maupun sore hari. Agak berbeda dengan obyek-obyek pura lainnya, di sini disiapkan ruang istirahat, toilet, dan sebagainya, agar wisatawan merasa nyaman. Jadi walaupun karcis yang dikenakan kepada wisatawan sama dengan pura-pura lainnya di Kabupaten Gianyar, maka bagi Sebatu cukup layak.

Sejarah Sebatu

Belum ada penelitian yang cukup untuk mengetahui sejarah pendirian pura ini, hanya dari cerita mulut ke mulut dari orang tua-tua menyebutkan bahwa pura ini berhubungan dengan seorang raja kejam di Bali bernama Maya Denawa. Cerita tentang Maya Denawa ini persis seperti cerita tentang keberadaan Pura Tirta Empul. Mitos ini kemungkinan ditulis oleh seorang pengikut pasukan Majapahit untuk menjelek-jelekkan raja Bali yang mungkin pada tahun 1343 tersebut menolak untuk tunduk dan memindahkan istananya ke pegunungan di Kintamani. Beliau bernama Sri Asta Sura, lalu namanya diplesetkan menjadi Sri Astaasura yang artinya Raksasa. Pendapat ini sangat meyakinkan karena mitos ini ada pada tulisan yang dikenal dengan Usana Jawa yang ditulis sekitar tahun penaklukan Bali oleh Majapahit tahun 1343. Cara-cara kompanye hitam ini bahkan masih dipraktekkan oleh kalangan politisi dan pendukungnya sampai jaman ini, lihatlah waktu pemilihan gubernur DKI, Oma Irama menggunakan sentimen agama. Nanti ketika akan ada pemilihan presiden di tahun 2014 pasti kita juga akan disuguhi kompanye hitam seperti itu. Karcis masuk di pura ini juga sudah kena pengaruh tempat lain, sekarang naik dari bentuk sumbangan manjadi wajib Rp 15.000 per orang

Pilihan paket liburan ke Bali ini benar-benar didasarkan pada anggaran yang paling murah. Untuk program wisata grup di bawah inidipilihkan hotel-hotel yang bersifat hotel kota Paket overland Jawa-Bali Overland ( city hotel ) untuk kelas melati di kota Denpasar, namun secara kualitas kondisi kamarnya cukup baik atau standard untuk wisatawan Nusantara. Karena untuk paket wisata yang mengutamakan kunjungan budaya yang meliputi berbagai jenis kesenian, keindahan alam, dan berbagai aspek kehidupan di Bali akan lebih banyak di luar hotel, sedangkan hotel hanya untuk istirahat yang baru masuk hotel setelah makan malam.

Wisata Rekreasi Bali Obyek Wisata Buatan

Khusus untuk Bali yang merupakan salah satu tujuan wisata populer dunia maupun lokal telah mampu menawarkan fasilitas wisata yang paling lengkap dengan berbagai paket tour. Semenjak tahun 2000 telah dimulai penawaran yang namanya paket liburan murah atau wisata murah walaupun sebenarnya tidak murah benar akan tetapi akan disesuaikan dengan kondisi harga masing-masing komponen penunjang program paket tour murah ke Bali tersebut. Hal ini berkaitan dengan jenis dan tingkat katagori hotel yang dipakai dalam paket, serta jenis masakan apa saja yang ingin dimasukkan.