TAMAN AYUN

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Pura Taman AyunObyek wisata pura Taman Ayun adalah yang paling populer baik untuk wisatawan Nusantara maupun luar negeri. Hampir tidak pernah sepi kunjungan ke pura ini setiap harinya. Hal ini juga karena banyak paket tour yang bisa disisipi persinggahan di pura ini di sampaing jaraknya yang cukup dekat dengan daerah Denpasar, Kuta dan Nusa Dua. Dalam berbagai promosi wisata dikatakan bahwa arsitektur pura ini adalah yang paling cantik di Bali dan mungkin dengan kata-kata promosi ini juga menyebabkan banyaknya wisatawan yang merasa harus melihat pura ini pada waktu liburan di Bali. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat beberapa pilihan paket tour yang menawarkan kunjungan ke pura Taman Ayun dengan menglik Paket Wisata Bali

Lokasi Taman Ayun

Pura Taman Ayun terletak di desa Mengwi 18 km dari kota Denpasar di jalur antara Denpasar dan Bedugul. Desa Mengwi ini sejak abad 17 sampai awal abd 20 merupakan pusat dari kerajaan Mengwi. Kerajaan ini mempunyai wilayah yang paling luas di Bali pada abad ke 19 terbentang di Bali tengah dan menguasai Banyuwangi.

Meru Taman AyunDesain pura ini dikatakan paling bagus di Bali karena bentuk arsitektur dan zoningnya yang dibuat di sebelah timur istana yang dipisahkan oleh kolam yang sangat luas. Kolam ini dibentuk dari sebuah sungai yang dibendung dan di pinggir kolam sebelah timur ini didirikan pura Taman Ayun ini. Sehingga sesuai dengan namanya artinya taman pikiran. Semenjak kemerdekaan karena istana tidak lagi mempunyai kekuasaan, maka pemeliharaan pura ini menjadi tugas masyarakat sekitar istana sehingga tidak maksimal. Namun semenjak dijadikan obyek wisata, maka secara bertahap kondisi pura diperbaiki agar wisatawan bisa menikmati keindahannya tanpa diganggu oleh kondisi yang kurang enak dipandang.

Legitimasi Kerajaan

Di masa-masa Bali terdiri dari 8 kerajaan sebelum kemerdekaan, masing-masing dari mereka mendirikan paling tidak 3 pura sebagai legitimasi mereka sebagai kerajaan yang mandiri, walaupun sesungguhnya semua kerajaan kecil ini tetap mengakui kerajaan Bali yang pusatnya di Klungkung. Walaupun mereka sudah mendirikan 3 pura sendiri, akan tetapi mereka juga tidak putus sama sekali hubungannya dengan 3 pura yang dibangun oleh kerajaan pusat di Klungkung. Kemungkinannya di samping sebagai legitimasi, pura-pura ini dirikan agar tidak setiap sembahyang harus datang ke Klungkung.

Taman Ayun Dalam Khasanah Perjalanan

Pura Taman Ayun meliputi tanah seluas 250 x 100 meter yang dibagi menjadi 3 halaman tidak termasuk kolam. Kondisi sekarang setelah dibangun pintu gerbang di dua sisi, dan jalan utama antara Denpasar – Bedugul sudah diatur dengan baik, yaitu lalu lintas yang menuju Bedugul melalui jalan di sebelah barat pasar, dan yang dari Bedugul ke Denpasar lewat jalan sebelah timur, maka suasana semakin baik. Bangunan-bangunan di dalam pura kelihatan demikian indah dari jalan utama di depan pura, yang juga sebagai tempat untuk parkir kendaraan. Di tempat ini juga ada beberapa warung dan pedagang kecil yang menjajakan dagangannya kepada wisatawan.

Di tahun 1990an pura ini sibuk menerima berbagai kegiatan budaya dari berbagai negara, khususnya dalam kegiatan budaya seni dan kuliner. Kegiatan ini disiapkan oleh para mengelola jasa wisata bersama dengan istana. Kegiatan ini seperti sebuah pesta atau festival yang sangat besar dengan mengerahkan penabuh tradisional, kegiatan tradisional, ritual simbolis, dekorasi tradisional, dan sebagainya. Dengan merosotnya pariwisata maka kegiatan ini sudah sangat jarang, terlebih-lebih setelah Bali dibom dua kali. Karcis masuknya Rp 1.000 per orang WNI atau WNA.

Pilihan paket liburan ke Bali ini benar-benar didasarkan pada anggaran yang paling murah. Untuk program wisata grup di bawah inidipilihkan hotel-hotel yang bersifat hotel kota Paket overland Jawa-Bali Overland ( city hotel ) untuk kelas melati di kota Denpasar, namun secara kualitas kondisi kamarnya cukup baik atau standard untuk wisatawan Nusantara. Karena untuk paket wisata yang mengutamakan kunjungan budaya yang meliputi berbagai jenis kesenian, keindahan alam, dan berbagai aspek kehidupan di Bali akan lebih banyak di luar hotel, sedangkan hotel hanya untuk istirahat yang baru masuk hotel setelah makan malam.

Wisata Rekreasi Bali Obyek Wisata Buatan

Khusus untuk Bali yang merupakan salah satu tujuan wisata populer dunia maupun lokal telah mampu menawarkan fasilitas wisata yang paling lengkap dengan berbagai paket tour. Semenjak tahun 2000 telah dimulai penawaran yang namanya paket liburan murah atau wisata murah walaupun sebenarnya tidak murah benar akan tetapi akan disesuaikan dengan kondisi harga masing-masing komponen penunjang program paket tour murah ke Bali tersebut. Hal ini berkaitan dengan jenis dan tingkat katagori hotel yang dipakai dalam paket, serta jenis masakan apa saja yang ingin dimasukkan.