TANAH LOT

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Pura Tanah Lot merupakan pura yang paling populer di kalangan wisatawan luar negeri maupun asing, karena demikian intesifnya promosi yang dilakukan oleh agen-agen wisata di luar negeri. Kemungkinan juga karena jaraknya yang dekat dari pusat-pusat hotel di Denpasar, Kuta, maupun Nusa Dua, sehingga untuk pilihan tour dekat dengan waktu yang pendek, pilihan obyek ini adalah yang paling tepat di samping pura Uluwatu. Untuk lebih jelasnya ada beberapa pilihan paket tour yang memasukkan Tanah Lot sebagai kunjungan wisata dengan mengklik Paket Wisata Bali

Lokasi Tanah Lot

Pura Tanah Lot berlokasi di pantai selatan bagian barat Bali, di wilayah desa adat bernama Braban, kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Lokasi ini sekitar 21 km dari kota Denpasar melalui jalan baru lewat desa Krobokan di sebelah utara. Untuk mudahnya bisa dilalui jalan sunset road kemudian pada perempatan di Krobokan belok kanan.

Kondisi tanah di sekitar pura adalah tanah batuan padas dengan pantai sempit pasir hitam halus yand dikenal dengan pasir melela bercampur dengan kuarsa sehingga jika terkena sinar matahari kelihatan seperti mengeluarkan cahaya. Melihat lapisan tanah di pantai ini mengingatkan kita pada pembentukan pulau Bali di masa lampau bahwa pulau ini terbentuk karena tumpahan lava cair ke permukaan bumi, kelihatan berlapis-lapis seperti kue. Melihat posisi pura sekarang kita segera sadar bahwa pantai selatan Bali terus terkikis. Mungkin di masa lampau garis pantai berada sejajar dengan pura tersebut, karena adanya abrasi yang sangat kuat, sekarang garis pantai sudah berada sekitar 10 meter masuk ke dalam, akan tetapi karang yang di atasnya dibangun pura tersebut sampai sekarang masih utuh, apakah karena kekuatan gaib ataukah karena memang batu karang di bawahnya benar-benar kuat sekali.

Sejarah Tanah Lot

Seperti kebanyakan pura besar di Bali ada sebuah tulisan atas lontar kuno, namun tidak lebih tua dari abad ke-17 mengklaim bahwa pura ini didirikan oleh Dang Hyang Nirarta, seorang Rsi yang datang dari Jawa. Lontar ini dikenal sebagai purana Dwijendra atau hikayat Dwijendra. Namun kita belum yakin bahwa pendiri pura tersebut benar, dan hal yang pasti adalah pura ini didirikan pada jaman kerajaan Mengwi sebagai pura yang berlokasi di laut untuk menghormati kesucian laut atau usaha untuk melestarikan lingkungan laut. Pusat kerajaan Mengwi tidaklah jauh dari pura Tanah Lot, yaitu hanya 15 km, yaitu di sebelah pura Taman Ayun sekarang.

Pendiri Pura Tanah Lot

Sampai sekarang yang diberikan tanggung jawab pemeliharaan pura ada 3 desa yaitu Desa Braban, desa Kelating, dan Desa Tibu Biyu. Setiap kegiatan ritual keagamaan ketiga desa ini akan berkordinasi dengan Puri Mengwi. Ini sudatu bukti kuat seperti pura-pura besar lainnya akan ada hubungan antara bekas atau ketururan dari raja-raja masa lalu dengan pura yang masih dikeramatkan sampai sekarang. Sayangnya tidak ada warga yang kreatif waktu itu untuk mencatat kejadian pendirian, kaitan dan berbagai hal yang berhubungan dengan pendiriannya.

Hati-hati Dengan Ular Belang

Bagi wisatawan yang mengunjungi pura ini sering ditunjukkan ular belang yang ada di pantai yang dijaga oleh seseorang. Kami sarankan jangan sembarangan ikut memegang ular tersebut karena kami curiga bahwa ular ini termasuk spesies colubrina yang sangat beracun, walupun penjaganya selalu memegang ular terebut dan bahkan memainkannya. Obyek ini ada di kabupaten Tabanan, sehingga orang sudah berasumsi pasti mahal. Memang ya, karena kabupaten Tabanan paling pertama di Bali memunggut karcis masuk paling mahal. Tanah Lot misalnya untuk WNA Rp 30.000 dan untuk WNI Rp 15.000 belum termasuk parkir yang juga pertama memunggut parkir paling mahal di Bali.

Pilihan paket liburan ke Bali ini benar-benar didasarkan pada anggaran yang paling murah. Untuk program wisata grup di bawah inidipilihkan hotel-hotel yang bersifat hotel kota Paket overland Jawa-Bali Overland ( city hotel ) untuk kelas melati di kota Denpasar, namun secara kualitas kondisi kamarnya cukup baik atau standard untuk wisatawan Nusantara. Karena untuk paket wisata yang mengutamakan kunjungan budaya yang meliputi berbagai jenis kesenian, keindahan alam, dan berbagai aspek kehidupan di Bali akan lebih banyak di luar hotel, sedangkan hotel hanya untuk istirahat yang baru masuk hotel setelah makan malam.

Wisata Rekreasi Bali Obyek Wisata Buatan

Khusus untuk Bali yang merupakan salah satu tujuan wisata populer dunia maupun lokal telah mampu menawarkan fasilitas wisata yang paling lengkap dengan berbagai paket tour. Semenjak tahun 2000 telah dimulai penawaran yang namanya paket liburan murah atau wisata murah walaupun sebenarnya tidak murah benar akan tetapi akan disesuaikan dengan kondisi harga masing-masing komponen penunjang program paket tour murah ke Bali tersebut. Hal ini berkaitan dengan jenis dan tingkat katagori hotel yang dipakai dalam paket, serta jenis masakan apa saja yang ingin dimasukkan.