TIRTA EMPUL

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Pura Tirta Empul di desa Tampak Siring adalah salah satu pura paling populer bagi wisatawan manapun, karena keindahan lingkungannya, serta ada dalam perjalanan ke Kintamani. Ada dua paket tour yang populer dan memasukkan pura ini dalam daftar perjalanannya yaitu tour tari Barong dan Kintamani, tour setengah hari ke Tampak Siring. Untuk lebih jelasnya silahkan dilihat beberapa pilihan paket tour yang memasukkan Tirta Empul dalam perjalan wisatanya dengan mengklik Paket Tour Bali

Lokasi Tirta Empul

Berlokasi di Banjar Tampak Siring Kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar, sekitar 45 km dari kota Denpasar melalui jalan utama Denpasar – Kintamani. Pura dibangun di sebuah lembah dengan lebar sekitar 100 meter yang dimulai dari sebuah bukit kecil yang menjadi hulu dari sungai Pekerisan, namun alamnya datar. Dekat awal dari hulu ini keluar mata air yang besar. Nampaknya berlaku universal bahwa di mana ada mata air, apalagi sebesar yang ada di Tirta Empul ini, menjadi daya tarik manusia yang sangat besar. Hal ini dibuktikan dengan sejarah dari pura ini yang sangat tua.

Lembah Mata Air

Tanah di sebelah kiri dan kanan dari lembah ini cukup tinggi, khususnya di sebelah timurnya, sehingga menciptakan pemandangan yang indah dan suasana yang agak berbeda dengan tempat-tempat cantik lainnya di Bali. Hal ini rupanya menyebabkan Photo Tirta Empul presiden soekarno jatuh cinta kepada tempat ini dan mendirikan sebuah istana di sebelah barat Pura. Dari pura istana ini bisa kita lihat di atas sebelah baratnya. Tidak jauh dari pura Tirta Empul ada beberapa penginggalan purbakala yang sangat penting bagi sejarah Bali yaitu Gunung Kawi, Mengening, dan Kebo Edan. Nampaknya daerah ini sangat ramai sejak jaman dulu.

Sejarah Tirta Empul

Pura Tirta Empul dibangun oleh raja Bali ke-2 tahun 960 Çaka atau 1038 M, yaitu Sri Baginda Chandrabhaya Singha Warmadewa, seperti yang disebutkan dalam dokumennya yang dipahat di atas sebuah patung padas yang sekarang disimpan di sebuah pura di desa Manukaya dekat Tampak Siring. Namun bentuk arsitektur yang sekarang tidaklah sama dengan pada waktu pendiriannya, mungkin saja jauh berbeda. Akan tetapi tujuan dan situsnya tidak berbeda yaitu melindungi kekayaan alam berupa mata air yang manjadi sumber penghidupan masyarakat yang sangat luas di Kabupaten Gianyar. Oleh karena itu ada mitos juga yang diciptakan untuk memberikan makna dan wibawa lebih besar kepada tempat ini agar masyarakat tidak merusak lingkungannya. Peninggalan purbakala yang ada hanya berupa patung kerbau padas dan linggam.

Pancuran Berkasiat

Pada salah satu halaman pura di bagian tengah dibuat beberapa pancuran yang dialirkan ke kolam. Pancuran-pancuran inilah yang sangat dikenal di kalangan dukun Bali dan luar Bali sebagai air suci yang mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan penyakit tertentu dan menyarankan untuk mandi di tempat tersebut untuk mendapatkan kebersihan luar dalam yang dalam istilah Bali disebut melukat. Tidak ada penelitian akan kebenaran pendapat para pelaksana pengobatan tradisional tersebut. Agak berbeda dengan beberapa mata air yang mengandung belerang, air di pura ini adalah air tawar yang sangat cocok untuk irigasi, sehingga masyarakat kelompok Subak di wilayah ini tanpa susah payah membuat bendungan sudah punya air yang sangat besar, ini adalah sebuah anugrah yang tidada tara nilainya.

Wisatawan yang mengunjungi pura ini dikenakan tiket masuk Rp 15.000 per orang anak-anak atau dewasa sama. Gejala tingginya tiket masuk di tempat-tempat kunjungan wisata di Bali mulai kelihatan semenjak adanya otonomi daerah. Karena kepala daerahnya pusing menjadi sumber pendapatan, sehingga semua hal dieksploitasi, karena besarnya tuntutan keuangan, akan tetapi tidak mengerti bagaimana menciptakan sumber pendapatan. WNA atau WNI dikenakan Rp 15.000 per orang.

Pilihan paket liburan ke Bali ini benar-benar didasarkan pada anggaran yang paling murah. Untuk program wisata grup di bawah inidipilihkan hotel-hotel yang bersifat hotel kota Paket overland Jawa-Bali Overland ( city hotel ) untuk kelas melati di kota Denpasar, namun secara kualitas kondisi kamarnya cukup baik atau standard untuk wisatawan Nusantara. Karena untuk paket wisata yang mengutamakan kunjungan budaya yang meliputi berbagai jenis kesenian, keindahan alam, dan berbagai aspek kehidupan di Bali akan lebih banyak di luar hotel, sedangkan hotel hanya untuk istirahat yang baru masuk hotel setelah makan malam.

Wisata Rekreasi Bali Obyek Wisata Buatan

Khusus untuk Bali yang merupakan salah satu tujuan wisata populer dunia maupun lokal telah mampu menawarkan fasilitas wisata yang paling lengkap dengan berbagai paket tour. Semenjak tahun 2000 telah dimulai penawaran yang namanya paket liburan murah atau wisata murah walaupun sebenarnya tidak murah benar akan tetapi akan disesuaikan dengan kondisi harga masing-masing komponen penunjang program paket tour murah ke Bali tersebut. Hal ini berkaitan dengan jenis dan tingkat katagori hotel yang dipakai dalam paket, serta jenis masakan apa saja yang ingin dimasukkan.