ULUN DANU

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Obyek wisata Ulun Danu adalah salah satu persinggahan untuk paket wisata Bedugul, Bedugul Jatiluwih atau Bedugul Singaraja. Tiga paket wisata ini masing-masing bisa ditempuh dalam waktu 1 hari tidak terlalu melelahkan bagi setiap orang yang sehat, kecuali paket yang terdiri dari kunjungan ke Lovina memang agak panjang, akan tetapi tour ini paling disukai oleh orang Eropah dan Amerika. Untuk melihat paket-paket yang menawarkan persinggahan di pura ini silahkan klik Paket Tour Bali

Lokasi Ulun Danu

Pura Ulun Danu terletak di tepi danau Beratan, desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kebupaten Tabanan, hanya 49 km dari kota Denpasar. Ulun berasal dari kata Ulu artinya awal atau kepala. Masyarakat percaya bawa tempat pura sekarang adalah titik paling rawan dari danau Beratan, sehingga didirikan sebuah pura untuk melindungi kelestarian dari danau tersebut. Karena perusakan di ulu tersebut akan menyebabkan kerusakan seluruh danau. Maklaum di masa lalu perkembangan tentang ilmu bumi belumlah seberapa, sehingga usaha-usaha pelestarian alam masih sebatas pemikiran yang paling masuk akal saat itu atau jatuh kepada spekulasi yang kurang pas.

Pura ini didirikan pada masa kerjaan Mengwi mulai meluaskan wilayahnya di abad ke-18, dan sekalian dijadikan pura gunung yang sangat kebetulan ada danaunya. Kerajaan ini pernah mengusai wilayah yang luas di Bali tengah, dan bahkan sampai menguasai Banyuwangi. Namun karena pada akhir abad ke-19 wilayah kerajaan terus berubah, termasuk daerah sekitar danau Beratan dikuasai oleh kerajaan Buleleng, m aka Pura ini berubah status menjdi milik kabupaten Bulelelng. Akan tetapi setelah pendudukan Belanda daerah ini menjadi milik kabupaten Tabanan dan sampai jaman kemerdekaan dan sekarang.

Simbul Kerukunan Umat

Terpisah dari topik pelestarian alam, pura Ulun Danu ini menunjukkan bahwa kehidupan keagamaan pada jaman kerajaan Bali sangat harmonis, karena dalam pura sendiri ada kuil Budha, dan dekat sekali dengan pura ini ada Mesjid. Tidak seperti beberapa kelompok masyarakat di Jawa jika ada umat beragama lain malah diserang seperti masyarakat barbar jaman purbakala, yang banyak dipublikasikan oleh media dan berita dari orang-orang yang diserang. Pada masa sekarang ini pura Ulun Danu masih tetap menjadi tempat persembahyangan khsusnya umat yang ada di linkungan kabupaten Tabanan, dan beberapa dari Kabupaten Badung, karena kerajaan Mengwi sudah dilebur menjadi kabupaten Badung, dan beberapa wilayahnya digabung ke kabupaten Tabanan dan Bangli.

Obyek Wisata Populer

Pura ini sudah menjadi daya tarik wisata semenjak lama, ketika Bali mulai dikenal sebagai salah satu obyek wisata dunia. Sebelumnya, memang lokasi Bedugul ini sudah menjadi obyek wisata masyarakat lokal, khususnya semenjak dibangunnya kebun Raya. Mulai dari sekolah, perusahan, dan masyarakat luas akan menggunakan waktu luangnya untuk liburan di daerah ini karena daya tarik pemandangan alamnya yang demikian cantik. Terlebih-lebih setelah jaman kemerdekaan, danau Beratan menjadi tempat kegiatan rekreasi air atau water sport yang sangat menarik, namun karena temperaturnya yang rendah menyebabkan wisatawan, khususnya lokal tidak tahan dengan cuaca dingin. Wisatawan yang mengunjungi Bedugul bukan saja bisa melihat pura Ulun Danu, tetepi ada banyak obyek wisata di wilayah ini misalnya Bali Handara Kosaido Club dengan sebuah lapangan golf yang sangat cantik di kaki sebuah bukit, di samping kebun Raya Eka Karya, dan Danau Tamblingan, pasar bunga dan hijauan yang ada di Kandang dan Panca Sari. Karena letaknya di kabupaten Tabanan, tentu karcis masuknya tinggi Rp 15.000 WNI dan Rp 30.000 WNA

Pilihan paket liburan ke Bali ini benar-benar didasarkan pada anggaran yang paling murah. Untuk program wisata grup di bawah inidipilihkan hotel-hotel yang bersifat hotel kota Paket overland Jawa-Bali Overland ( city hotel ) untuk kelas melati di kota Denpasar, namun secara kualitas kondisi kamarnya cukup baik atau standard untuk wisatawan Nusantara. Karena untuk paket wisata yang mengutamakan kunjungan budaya yang meliputi berbagai jenis kesenian, keindahan alam, dan berbagai aspek kehidupan di Bali akan lebih banyak di luar hotel, sedangkan hotel hanya untuk istirahat yang baru masuk hotel setelah makan malam.

Wisata Rekreasi Bali Obyek Wisata Buatan

Khusus untuk Bali yang merupakan salah satu tujuan wisata populer dunia maupun lokal telah mampu menawarkan fasilitas wisata yang paling lengkap dengan berbagai paket tour. Semenjak tahun 2000 telah dimulai penawaran yang namanya paket liburan murah atau wisata murah walaupun sebenarnya tidak murah benar akan tetapi akan disesuaikan dengan kondisi harga masing-masing komponen penunjang program paket tour murah ke Bali tersebut. Hal ini berkaitan dengan jenis dan tingkat katagori hotel yang dipakai dalam paket, serta jenis masakan apa saja yang ingin dimasukkan.