ULUWATU

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Uluwatu CapePura Uluwatu hampir sama dengan pura Tanah Lot yaitu sebuah pura yang dikatkan dengan keindahan matahari tenggelam dalam dunia wisata. Dengan adanya tarian kecak di dekat pura daya tarik wisatanya semakin besar, namun sayang harga tiket masuknya yang terlalu mahal juga sudah mengurangi minat tamu untuk nonton kecak. Namun demikian Uluwatu masih merupakan primadona sebagai obyek wisata baik untuk wisatawan asing maupun Nusantara. Untuk tamu asing mereka hanya tertarik dengan puranya, sedangkan untuk wisatawan Nusantara sering digabung dengan Pantai Pandawa, Pantai Dream Land, GWK dan watersport di Tanjung Benoa. Untuk melihat pilihan paket tour yang menawarkan kunjungan ke Uluwatu silahkan klik Paket Tour Bali

Lokasi Uluwatu

Pura Uluwatu terletak di ujung paling selatan pulau Bali, di atas sebuah tebing curam dengan ketinggian diperkirakan lebih dari 100 meter. Lokasinya sekitar 40 km di sebelah selatan kota Denpasar. Uluwatu artinya awal atau kepala dari sebuah batu. Tidak jelas apa maksud nama tersebut, akan tetapi sangat jelas bahwa kata-kata yang berhubungan dengan ulu di Bali dianggap keramat, masyakarat dilarang untuk merusak lingkungannya seperti membuang sampah, membangun rumah, atau berbuat sesuatu yang bisa memcemarkan situs tersebut. Hal ini merupakan konsep dasar dari pelestarian alam di Bali.

Sejarah Uluwatu

Tebing UluwatuPura ini tercantum dalam sebuah hikayat atau mitos tentang Rsi dari Jawa yang mendirikan banyak pura di Bali yaitu Dang Hyang Nirartha yang kefaktaannya bisa kita ragukan. Menurut tulisan tersebut Rsi ini datang ke Bali sekitar tahun 1550 pada waktu pemerintahan raja Bali Dalem Waturenggong, dengan pusat kerajaan di Gelgel, dekat kota Klungkung sekarang. Menurut tulisan ini pura didirikan oleh beliau sebagai rangkaian dari pendirian beberapa pura di Bali. Namun fakta sejarah banyak yang tidak cocok dengan berita yang disampaikan oleh tulisan tersebut. Bahkan yang paling tidak masuk akal dalam cerita tersebut bahwa Sang Rsi dengan pertapaannya bisa langsung masuk sorga dengan cara bertapa.

Salah Satu Obyek Wisata Populer

Pura Uluwatu sudah menjadi obyek wisata paling populer di Bali di samping Tanah Lot, Taman Ayun, Besakih, dan Taman Ayun. Sekarang dengan adanya pertunjukan kecak waktu sore, daya tarik Uluwatu lebih besar lagi, namun sayangnya karcis masuk tiketnya yang demikian mahal, sama dengan beberapa obyek wisata di kabupaten Tabanan yang termahal di Bali. Oleh karena itu banyak tour operator yang menghindari untuk nontok kecak di Uluwatu dan dicarikan tontonan yang masih terjangkau, karena tidak semua wisatawan yang berkunjung ke Bali mampu membeli paket yang mahal, atau dengan pertimbangan nilai sebuah budaya tidak mesti harus yang mahal.

Ritual Pura

Pada waktu upacara atau pelaksanaan ritual di Pura ini sangat menarik untuk dikunjungi, karena memberikan pengalaman yang luar biasa tentang semangat keagamaan di Bali, tidak beda dengan semangat keagamaan di Jawa, hanya caranya yang berbeda. Dengan adanya jalur jalan kendaraan tambahan tidak lagi seperti tahun-tahun 1990an ketika terjadi kemacetan berhari-hari atau semalaman ketika puncak acara. Pura ini terkait dengan istana raja Badung, oleh karena itu besar kemungkinan pura ini didirikan oleh kerajaan Badung yang mulai berdiri setelah tahun 1650an, karena timbulnya kerajaan-kerajaan kecil di Bali adalah setelah kudeta tahun 1651 oleh seorang kepala pasukan ( Kelompok Gusti ). Sudah terpengaruh juga dengan kabupaten lainya pemerintah Kabupaten Badung mengenakan Rp 15.000 WNI dan Rp 20.000 WNA

Setelah tahun 2000 Kabupaten Badung pecak menjadi 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Kota Denpasar, dan Kabupaten Badung, sedangkan Pura Uluwatu masuk ke wilayah Badung. Namun secara tanggungjawab keagamaan masih dipegang oleh istana di Denpasar. Karena hubungan historis ini tidak sepenuhnya bisa langsung diputus.

Pilihan paket liburan ke Bali ini benar-benar didasarkan pada anggaran yang paling murah. Untuk program wisata grup di bawah inidipilihkan hotel-hotel yang bersifat hotel kota Paket overland Jawa-Bali Overland ( city hotel ) untuk kelas melati di kota Denpasar, namun secara kualitas kondisi kamarnya cukup baik atau standard untuk wisatawan Nusantara. Karena untuk paket wisata yang mengutamakan kunjungan budaya yang meliputi berbagai jenis kesenian, keindahan alam, dan berbagai aspek kehidupan di Bali akan lebih banyak di luar hotel, sedangkan hotel hanya untuk istirahat yang baru masuk hotel setelah makan malam.

Wisata Rekreasi Bali Obyek Wisata Buatan

Khusus untuk Bali yang merupakan salah satu tujuan wisata populer dunia maupun lokal telah mampu menawarkan fasilitas wisata yang paling lengkap dengan berbagai paket tour. Semenjak tahun 2000 telah dimulai penawaran yang namanya paket liburan murah atau wisata murah walaupun sebenarnya tidak murah benar akan tetapi akan disesuaikan dengan kondisi harga masing-masing komponen penunjang program paket tour murah ke Bali tersebut. Hal ini berkaitan dengan jenis dan tingkat katagori hotel yang dipakai dalam paket, serta jenis masakan apa saja yang ingin dimasukkan.