KERTA GOSHA

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Salah satu obyek wisata yang paling populer adalah Kerta Gosha yang juga dikenal dengan nama Balai Kambang atau bangunan mengambang. Karena bangunannya dikelilingi oleh kolam kelihatan seperti mengambang. Fungsi dari bangunan ini nampaknya menjadi daya tarik yang sangat kuat, karena pada masa lampau kerajaan Bali sudah punya gedung pengadilan. Untuk bisa singgah di obyek ini harus mengambil paket tour pura Besakih atau tour ke Bali Timur yang mengunjungi Desa Kuno Tenganan Pegringsingan dan obyek Candi Dasa. Untuk melihat paket-paket yang memasukkan Kerta Gosha dalam daftar perjalanannya silahkan klik Paket Tour Bali

Nama Kerta Gosha

Kerta Gosha adalah sebuah nama untuk kompleks bangunan kuno di tengah-tengah kota Klungkung yang jaman dulu dikenal dengan kota Semarapura. Lokasi ini tepat di tengah kota berhadapan dengan sebuah pura terbesar dan istana raja yang dikenal sebagai Puri. Jaraknya dari kota Denpasar hanya 47 km dan dengan dibukanya jalan sepanjang pantai selatan bagian timur Bali bisa ditempuh sekitar 1 jam jika langsung. Kalau kita datang dari arah Denpasar komplek ini langsung berada di sebelah kanan jalan utama sebelum mencapai perempatan menuju Karangasem dan Besakih.
Kerta Gosha

Nama Balai Kambang

Semarapura adalah ibukota kerajaan Bali sampai dengan kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Semenjak kerajaan Bali yang mendapat pengaruh Majapahit mulai tahun 1343 sampai tahun 1945 di bawah dinasti Sri Kresna Kepakisan, ibukota kerajaan perpindah 3 kali. Dan Semarapura adalah ibukota yang pengembangannya cukup lengkap dibandingkan ibukota sebelumnya sehingga ada beberapa peninggalan yang bisa diwariskan seperti Kerta Gosha, Pura Gelgel, dan Pura Besakih. Namun semenjak ibukota kerajaan ini di Semarapura banyak daerah di Bali yang dikembangkan menjadi seolah-olah kerjaan berdiri sendiri lepas dari pusat di Klungkung. Ada juga kasus seorang raja dikudeta oleh kepala pasukannya yang bernana Arya Kubon Tubuh atau I Gusti Ngurah Kubon Tubuh. Namun karena kesetiaan rakyat raja yang digulingkan kembali bisa didudukan di istana tahun 1651.

Pengadilan Bali Kuno

Nampaknya kerajaan Bali yang sudah mendapat pengaruh Majapahit ini tidak sepenuhnya merubah tradisi kerajaan Bali asli yang sudah berdiri sejak tahun 889 di bawah dinasti Warmadewa, khususnya dalam bidang penegakan hukum. Di masa Warmadewa raja Bali mempunyai sebuah team pertimbangan pengadilan yang disebut dengan Pakira-kiran yang anggotanya ada di dalam istana. Nampaknya demikian juga dengan kerajaan Bali pada waktu dinasti Kepakisan karena adanya peninggalan gedung pengadilan yang bernama Kerta Gosha.

Gedung pengadilan ini di samping dikenal dengan nama Kerta Gosha juga dikenal sebagai balai kambang atau gedung mengapung, karena dikelilingi oleh kolam sehingga kelihatan mengapung. Pemandangan sedikit ditambah cantik ke arah sebuah pura yang berada di sebelah perempatan jalan utama yang memberikan kesan bahwa Semarapura puluhan tahun yang lalu ketika gedung-gedung tidak sepadat sekarang pasti mempunyai pemandangan yang luar biasa cantik. Di sebelah selatannya sekitar 1 km adalah pasar tradisional terbesar di kota Klungkung yang berasal dari jaman kerajaan, tetapi sekarang semua bangunannya sudah modern hanya sifat perdagannya saja yang masih bisa dikatakan warisan dari kerajaan.
Sebagai pencerminan sebuah tempat mencari keadilan dan pendidikan keadilan pada plafond dari gedung sidang diberikan gambar-gambar tentang perbuatan melanggar hukum dan sanksinya. Walaupun dari beberapa episode ceritanya diambil dari keadilan yang bersifat mitos, dan bisa dikatakan tidak mungkin bisa dimengerti oleh pemikiran. Karcis masuk wna atau wni sama Rp 12.000