VIHARA VAJRABODHI

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Sebuah wihara Budha terbesar dan tertua di Bali ada di desa Banjar, kecamatan Banjar, kabupaten tingkat II Buleleng, sekitar 120 km dari kota Denpasar melalui jalan menaiki dan menuruni rangkaian pegunungan Bali tengah dengan pemandangan alamnya yang sangat indah. Untuk mencapai desa Banjar ini bisa melalui kota Singaraja atau melalui desa Gobleg yang jalannya agak tajam naik dan turun. Kalau lewat kota Singaraja jalan utamanya juga agak menurun dengan berkelok-kelok sebelum tiba di kota Singaraja.

Wihara Budha

Agama Budha

Agama Budha sudah ada di Bali sekitar abad ke-7 dengan bukti adanya penemuan banyak stempel bertuliskan mantra Budhisme yang tertua. Benda-benda ini juga ditemukan di daerah Prambanan Jawa tengah. Ini menandakan adanya kemungkinan bahwa kedatangan agama Budha tiba bersamaan baik di Jawa maupun di Bali, kecuali nantinya bisa dibuktikan bahwa Budhisme di Sumatra bisa dibuka tabir sejarahnya.

Agama Budha tidak berkembang dengan baik di Bali, karena kemungkinan pernah diganggu oleh sebuah aliran yang bernama Tantrayana, sebuah aliran yang sangat bertentangan dengan jiwa orang Bali. Namun ada aliran dalam Hindu yang berkoalisi dengan agama Budha dan ciri-cirinya masih dapat dilihat dalam praktek sampai sekarang.

Obyek Wisata Lain Dekat Wihara

Di samping adanya wihara Budha yang menarik ini di desa Banjar ada obyek wisata berupa air terjun dengan pemandangan yang sangat cantik, yang untuk mencapainya melalui alam yang masih asri. Desa Banjar dalam sejarah dikenal sebagai wilayah Bali yang paling pertama jatuh ke tangan Belanda pada tahun 1868 setelah perang bertahun-tahun dan banyaknya korban baik dari pihak Belanda maupun dari pihak masyarakat Banjar yang dikomando oleh raja Buleleng I Gusti Panji Sakti. Perang yang berakhir dengan tetesan darah terakhir ini dikenal dengan Puputan Jagaraga.

Untuk mengunjungi wihara Budha ini bisa dibooking melalui sebuah paket tour yang disebut dengan Bedugul Singaraja tour yang mengunjungi Taman Ayun, Bedugul, desa Banjar dan pantai Lovina. Tour ini berlangsung sekitar 7 sampai dengan 8 jam. Karcis masuk tidak ada hanya berdasarkan sumbangan sukarela.