YEH PULU

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah
Panel

Relief ini ada di desa Yeh Pulu di sebuah persawahan dekat dengan Guwa Gajah, jadi masih di wilayah desa adat Pejeng yang bertetangga dengan Ubud. Di sebelah timur tempat parkir Guwa Gajah sekitar 200 meter ada jalan ke arah kanan sebelum pasar. Dari sini tidak lebih dari 500 meter dan harus jalan kaki beberapa meter untuk mencapai lokasi ini.

Tempat Relief

Seperti sebuah panel besar sepanjang 25 x 2 meter dengan beberapa plot, relief ini menggambarkan kehidupan Krisna, sehingga dianggap agak aneh karena di masa itu seniman pasti akan menggambarkan obyek-obyek agama, mitos atau kesusastraan India dalam bentuk tidak aktif, bukan Panelmerupakan plot sebuah cerita. Oleh karena itu ada anggapan bahwa relief ini mungkin dibuat agak jauh belakangan, dibandingkan dengan masa pembuatan dari Guwa Gajah atau pura Kebo Edan dan beberapa peninggalan di sepanjang sungai Petanu tersebut. Menurut J.E. van Lohouizen yang dikutip oleh Prof. Dr. A.J Bernet Kempers mengidentifikasi bahwa relilef ini menggambarkan cerita tentang kekuatan Krishna dengan mencabut pohon dan mengalahkan beruang.

Panel

Usia Pahatan

Kebiasaan seniman memahat penanggalan juga tidak ada ditemukan, sehingga agak sulit menentukan periode pembuatannya, kecuali dengan melihat kecendrungan suatu masa atau tingkat kehalusan dan kesempurnaan anatomi sebuah karya seni pahat. Hal ini agak sulit dilakukan karena berbeda obyek tidak dibuat secara detail seperti halnya frame saja.

PanelSebenarnya secara konsep berkarya relief Yeh Pulu ini mengingatkan kepada Candi Borobudur yang juga memuat kegiatan sehari-hari, bukan saja melulu soal obyek agama, kesusastraan India maupun mitos. Namun dari tingkat pengerjaan sama sekali tidak bisa dibandingkan dengan yang ada di Borobudur karena yang di Borobudur anatomi dibuat jelas. Oleh karena itu penemuan relief Yeh Pulu ini dianggap sebagai suatu kebangkitan kesenian Bali yang berjiwa asli yang secara teknis pembuatan lepas dari kaidah-kaidah yang sangat dipengaruhi oleh keagamaan. Karcis masuk tidak ditetapkan hanya berdasarkan sumbangan sukarela.