TOUR GUIDE

profilekomunikasipaketkontak

paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Salah satu profesi yang populer di Bali adalah tour guide. Di samping tuntutan akan penguasaan bahasa tertentu sesuai dengan minat dari tour guide ini yang sama pentingnya adalah pengetahuan tentang kepariwisataan secara umum yang menyangkut fasilitas wisata, etika pergaulan internasional, dan yang paling utama penguasaan tentang kebudayaan daerah di mana mereka hidup dan bekerja melayani wisatawan. Ini suatu tuntutan yang sangat berat sebenarnya, oleh karena itu untuk menjadi tour guide profesional memerlukan waktu dan pengalaman yang sangat panjang dan luas.

Tour Guide di Bali

Sebelum tahun 1970an memang tour guide di Bali tidak lebih dari seorang yang memahami bahasa wisatawan dan hanya sebagai penunjuk jalan, akan tetapi dengan ketatnya persaingan bisnis wisata ini tour guide juga tidak luput dari tuntutan keprofesionalan dalam penanganan sebuah perjalanan dalam pengertian utuh. Tidak bisa sekarang ini seorang tour guide hanya sebagai pembicara lancar bahasa dan " nice only ". Bagaimanapun juga kesuksesan sebuah organisasi perjalanan ditentukan oleh kemampuan tour guide dalam menjalankan program yang telah disepakati oleh perusahan dalam negeri dan luar negeri yang telah menandatangani seubah kontrak jual-beli jasa ini. Kontrak ini akan selamat jika pelaksana lapangannya yaitu tour guide menguasai materi dan fasiliasnya atau bahkan pilihan-pilihan lain yang bisa memberikan kepuasan lebih tanpa adanya pengeluaran tambahan. Yang paling sensitif dalam memberikan informasi adalah yang berkaitan dengan tradisi dan agama. Jangan sampai menerangkan sebuah obyek, aktivitas etnis dan penginggalan sejarah hanya berdasarkan cerita rakyat atau kepercayaan. Karena hal ini akan ditertawakan oleh wisatawan khususnya wisatawan dari negera-negara yang sudah maju seperti Eropah, Australia dan Amerika, sedangkan di Asia seperti Jepang, Thailand, India, dan Singapore. Oleh karena itu seorang tour guide juga harus memahani philosofi kebudayaan, sehingga apa yang dijelaskan bisa diterima oleh akal.

Tour Guide Sebagai Duta Bangsa

Di satu sisi seorang tour guide adalah duta bangsa yang lebih sensitif karena yang terjadi adalah hubungan orang per orang, bukan lembaga ke lembaga atau negera ke negara. Oleh karena itu persoalan perseorangan ini akan mencerminkan lembaga, etnis, wilayah dan negaranya. Hal ini sangat disadari oleh para tour guide yang ada di Bali yang bergabung di bawah naungan organisasi HPI ( Himpunan Pemandu Wisata Bali ).

Untuk informasi silahkan sms ke
PT BALI KUMALA SARI
081 936 128 707
Atau hubungi kami belakangan lewat email berikut
email

  1. Logo Ratna Hotel Ratna lokasi di pusat keramaian Kuta, dekat dengan airport ngurah Rai. Sangat cocok untuk liburan budget akan tetapi kamar bisa dikatakan cukup baik
  2. Logo Puri Dibia Lokasi di pusat keramain Kuta, dan dekat dengan airport Ngurah Rai menawarkan paket budget dengan kamar yang bagus.