MASAKAN BETUTU

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Masyarakat Bali sangat senang berkreasi di bidang masakan, sehingga dari demikian banyak jenis masakan Bali ada beberapa yang dikenal di manca Negara sebagai masakan yang mewah atau istilah Inggrisnya fine cuisine. Nama masakan betutu ini sudah dikenal di Bali dari masa yang sudah sangat tua khususnya di daerah Kabupaten Gianyar. Menurut cerita orang-orang tua jenis masakan ini pertama-tama dikembangkan di lingkungan istana sebagai hidangan popular sang raja atau raja bawahannya. Masakan ini lalu berkembang di masyarakat dan bahkan dikenal di seluruh Bali. Dengan kedatangan para wisatawan ke Bali maka masakan yang bernama betutu ini ternyata sangat disukai oleh segala wisatawan tidak hanya yang berasal dari dalam negeri akan tetapi juga dari berbagai Negara. Kemungkinan penyebab dari penciptakan betutu bebek ini karena daging bebek itu begitu keras dan kenyal, sehingga tidak mudah untuk dimakan. Untuk membuat daging bebek ini empuk segala usaha dilakukan untuk memasaknya agar menjadi mudah dimakan.

Betutu Bali

Bahan Betutu

Sejak diciptakan betutu ini dibuat dari daging bebek, sehingga sampai sekarang pun orang Bali kalau mendengar nama betutu pasti diartikan sebagai daging bebek. Namun sekarang ayam juga dibuat sebagai betutu dengan melakukan proses pemasakan yang sama dengan daging bebek, pada hal daging ayam, apalagi ayam broiler dagingnya jauh lebih lembut dan rapuh. Karena daging bebek yang begitu keras maka diperlukan cara masak yang khusus agar empuk atau renyah. Dengan bumbu lengkap yang diberikan pada daging bebek dan dimasak dalam waktu yang sangat lama maka seluruh bumbu tersebut terserap ke dalam daging sehingga memberikan rasa yang demikian enak.

Pembuatan Betutu

Cara memasaknya yang unik, setelah daging bebek dibersihakan diberikan bumbu Bali, kemudian dibungkus dengan kelopak kelapa yang dalam bahasa Bali disebut upih. Setelah dibungkus, disiapkan abu yang sangat banyak, kemudian bungkusan itu ditanam dengan abu yang cukup tebal. Di atas abu tersebut dihidupkan api yang bisa berlangsung sampai dua hari atau lebih. Kayu apinya juga tidak sembarang kayu, tetapi dipakai pohon nyiur atau pohon kopi yang menghasilan panas tinggi, atau kulit padi dengan baranya yang bisa menyala dalam waktu yang lama. Rata-rata untuk betutu bebek baru diangkat setelah dua hari. Sedangkan untuk betutu ayam jauh lebih ringkas. Pengerjaan yang meminta waktu panjang dan tenaga itu akhirnya terbayar dengan rasa masakan yang demikian lezat.

Sekarang banyak sekali betutu bebek maupun ayam dibuat dengan menggunakan priok presto, sehingga bisa selesai dalam hitungan jam. Akan tetapi yang dimasak dengan cara ini rasanya lain sekali, dan tidak tahan lama. Namun harganya bisa dibuat lebih murah dibandingkan yang dibuat dengan cara tradisional Bali. Dan ada beberapa restoran yang khusus menawarkan betutu bebek, khususnya di daerah Ubud atau kabupaten Gianyar.

Kreasi Betutu

Ada kreasi dari masakan betutu ini yaitu betutu yang dibuat renyah dengan cara memanggangnya atau menggorengnya lagi. Hasil dari betutu renyah ini sangat popular di kalangan wisatawan asing yang dikenal dengan nama crispy duck. Sekitar tahun 1990an banyak sekali ada restoran yang menawarkan masakan ini di lingkungan kota Ubud dan sekitarnya dan bahkan tidak bisa memenuhi permintaan karena keterbatasan supply daging bebek. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh banyak masyarakat Bali untuk memelihara bebek di berbagai tempat di Bali. Namun dengan keruntuhan ekonomi dunia sejak merebaknya teroris, dan menurunnya wisatawan manca Negara, maka usaha ini akhirnya merosot. Semenjak itu juga muncul betutu Gilimanuk yang sekarang ini sangat terkenal dengan bahan ayam, bukan bebek.

Belakangan muncul betutu yang dikenal dengan gaya Gilimanuk, dan dengan cepat menyebar termasuk ke Bali tengah dan timur. Bahan yang digunakan sama yaitu ayam dan bebek. Rasanya memang agak berbeda dengan betutu sebelumnya, akan tetapi tetap merupakan salah satu masakan yang tergolong lezat dan popular.