DAFTAR RESTORAN

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Masakan Khas Bali

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Bali ada pilihan untuk kebutuhan makan pagi, makan siang maupun makan malam seperti restorn Jawa, Minang, Bali, bahkan berbagai jenis masakan asing seperti India, Italy, Perancis, Thai, dan sebagainya. Kebanyakan wisatawan lokal tidak mengutamakan jenis dan asal masakan tapi lebih memerlukan kepraktisan, berhubung padatnya acara liburannya. Untuk itu di samping adanya persyaratan karena kepercayaan di Bali juga bisa ditemukan seperti masakan vegetarian, Jaina, dan Halal. Semua restoran di Bali yang bersifat internasional telah terbiasa untuk menyiapkan berbagai jenis masakan, sehingga bagi mereka yang memerlukan masalakan India misalnya tidak harus selalu pergi ke restoran India, demikian juga bagi mereka yang perlu masakan halal tidak harus selalu khusus mencari restoran halal atau restoran Muslim, karena di Bali juga ada kelompok kasta tertentu yang tidak makan daging babi.

Masakan dan Kepercayaan

Masyarakat Bali adalah salah satu kelompok yang paling kreatif dalam menciptakan berbagai jenis masakan karena salah satunya adalah tuntutan dari ritual. Ritual ini berakar pada kebudayaan asli nusantara yang mendapat berbagai pengaruh seperti India, China dan Eropah. Terjadinya simbolisasi dalam ritual telah mempengaruhi sampai kepada kuliner yang pada awalnya hanya untuk keperluan ritual dikembangkan juga untuk keperluan sehari-hari. Oleh Karena itu bisa dikatakan Bali menjadi salah satu tujuan wisata kuliner yang cukup menantang.

Jenis Masakan di Bali

Dengan berkembangnya kepriwisataan Bali perkembangan kuliner semakin pesat, berbagai Negara di dunia juga membawa pengaruhnya karena banyak pengusaha berpikir bahwa warga Negara tertentu yang berwisata di Bali tentu perlu ditawari makanan asli mereka. Oleh karena itu terdidiklah masyarakat Bali dengan berbagai jenis masakan seperti Italy, Perancis, Spanyol, Meksiko, Thai, India, dan sebagainya. Demikian juga berbagai warga asing yang bekerja di bidang kuliner di Bali akhirnya bersentuhan dengan masakan asli Bali dan kebanyakan mereka jatuh cinta, dan malah mengembangkannya agar sesuai dengan kondisi perut berbagai bangsa di dunia dengan tanpa meninggalkan rasa aslinya. Hal inilah yang menyebabkan nama-nama seperti betutu, crispy duck, lawar, babi guling, sate lilit, klepon, dan sebagainya menjadi terkenal di manca Negara. Oleh Karena itu tidak berlebihan kalau Bali menganggap dirinya sebagai salah satu tujuan wisata kuliner terbaik di Indonesia.

Mengintip Masakan Bali Asli

Bagi wisatawan Nusantara tersedia pilihan yang sangat luas dari harga budget sampai dengan yang mewah dalam berbagai jenis kuliner. Dari jasa catering prasmanan dan kotak sangat mudah didapatkan. Namun bagi mereka yang sudah mendengar adanya masakan khas Bali seperti betutu, crispy duck, sate lilit dan yang lainnya juga tersedia untuk dinikmati. Wisatawan bisa menggabung wisata budaya dan kuliner tanpa harus menyiapkan waktu khusus, karena obyek-obyek wisata di Bali ada dalam jangkauan jam. Berikut ini link untuk catatan ringkas mengenai kuliner khas Bali.

Kuliner Bali Betutu
Kuliner Bali Crispy Duck
Kuliner Bali Lawar
Kuliner Bali Babi Guling
Kuliner Bali Sate Lilit
Kuliner Bali Masakan Jawa
Kuliner Bali Sunda
Kuliner Bali Warung Minang
Kuliner Bali Masakan Ikan Segar
Kuliner Bali Restoran Taliwang
Kuliner Bali Restoran Catering
Kuliner Bali Masakan Halal