RESTORAN MINANG

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Rumah makan Minang ada banyak di kota Denpasar khususnya dan di beberapa tempat di daerah wisata Kuta, Nusa Dua dan Ubud. Namun kebanyakan mereka adalah warung dalam ukuran kecil tidak lebih dari 15 tempat duduk yang agak berdesakan. Di dalam kota Denpasar bisa ditemukan warung Minang yang lebih besar seperti di dekat terminal Ubudng dan Sanur, sedangkan untuk wilayah Kuta ada di daerah Tuban, dekat dengan airport. Bagi wisatawan dengan anggota tidak lebih dari 10 orang sangat mudah untuk mendapatkan restoran Minang di manapun di wilayah kota Denpasar, Kuta, dan Nus Dua. Di sepanjang jalan antara airport dengan Nusa Dua sendiri ada banyak restoran Minang dengan ukuran kecil dan menengah. Jadi bagi wisatawan yang ingin menikmati masakan Minang selama liburan di Bali tidak usah khawatir.

Minang dan Padang

Di Bali masakan Minang ini sering disebut dengan masakan Padang, karena kebanyakan warga Sumatra barat yang datang ke Bali pada awalnya adalah warga Padang, lalu sampai nama restorannya disebut restoran Padang. Generasi Bali di masa lampau pengetahuan ilmu buminya minim, sehingga tidak mengetahui kalau orang Padang itu adalah orang Minang atau orang Minangkabau seseuai dengan nama kerajaan yang memerintah sebelum Islam mengganti agama di wilayah ini, khususnya kerajaan Sunda di bawah Pangeran Adityawarman yang membangun pusat kerajaannya di desa Pagaruyung dekat Bukit Tinggi sekarang. Kota Padang dan Bukit Tinggi berkembang lebih pesat dibandingkan dengan pusat kerajaan karena kepentingan perdagangan Belanda, sehingga sampai sekarang kita masih bisa menyaksikan peninggalan arsitektur Belanda yang berdiri kokok seperti bangunan kantor perkebunan yang diberi nama fort de Kock dan jam gadang. Demikian juga dengan kota Padang dengan pelabuhannya yang bernama Teluk Bayur dengan pemandangan sunset yang indah merupakan pusat kegiatan ekonomi pada jaman penjajahan. Dari Kota Padang ke Bukit Tinggi dibangun jalan kereta api dengan rek kereta yang besinya sangat berat mampu dibawa oleh Belanda dan bahkan untuk menyebrangi sebuah sungai.

Daya Jelajah Orang Padang Yang Mengagumkan

Ciri dari masakan Minang ini hampir sama dengan masakan Bali, mengutamakan rasa pedas asin, bedanya kalau masakan Minang lebih suka memakai banyak santan, bertentangan dengan masakan Bali yang jauh dari penggunaan santan. Walaupun demikian masakan ini sangat cocok dengan lidah orang Bali, sehingga usaha rumah makan Minang ini bisa berkembang baik di Bali. Namun untuk wisatawan manca Negara nampaknya jenis masakan Minang ini kurang mendapatkan sambutan, hanya wisatawan lokal saja yang mau singgah dan menikmati masakan ini. Salah satu rumah makan Minang yang besar ada di Kota Denpasar yaitu di Jalan Ngurah Rai Sanur namanya Natrabu. Untuk wisatawan nusantara restoran ini cukup dikenal khususnya untuk grup dengan anggota cukup banyak. Sedangkan bagi mereka yang dengan anggota lebih sedikit atau keluarga bisa memilih di berbagai tempat.