MASAKAN SUNDA DI BALI

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Hubungan secara langsung antara Bali dan Sunda dalam sejarah politik memang tidak ada, akan tetapi secara etnis dan asal-usul ada. Karena hampir semua penduduk kepulauan Indonesia sebenarnya ada hubungan sejarah manusianya. Hal ini dibuktikan oleh penelitian lingustik dan arkeologi. Namun dalam perjalanan sejarah masing-masing kelompok mendapatkan pengaruh yang masing-masing terpisah, sehingga menghasilkan variasi tradisi yang berlainan. Demikian juga dalam hal perkembangan fisik karena adanya pergaulan yang juga berbeda maka ada perkawinan campuran dengan intensitas yang berbeda juga. Nampaknya entitas kelompok ikut juga dibentuk karena berdirinya kerajaan yang berbeda, buktinya antara penduduk Jawa Barat dan Jawa Tengah dan Timur sudah kelihatan perbedaan halus dalam dialek dan tradisi, jangankan yang dipisahkan oleh laut, seperti Bali. Dalam catatan sejarah Jawa Barat mendapatkan pengaruh India lebih dulu dibandingkan dengan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Demikian juga bukti sejarah yang tertua ditemukan di Jawa Barat. Kemudian muncul bukti sejarah bahwa Jawa Tengah dan Jawa Timur pun timbul kerajaan yang mendapat pengaruh India yang berlanjut sampai abad ke-16 sampai akhirnya diganti dengan tradisi Islam.

Sejarah Kuliner Sunda

Kita tidak mendapatkan cukup informasi tentang sejarah kuliner Sunda selain sejarah politiknya yang menyebutkan bahwa di masa lampau daerah Pasundan yang disebut sebagai Parahyangan yang artinya rumah para dewa, merupakan kerajaan makmur dan berkuasa mengimbangi kerajaan Majapahit, walaupun pada akhirnya di tahun 1340 kedua kerajaan ini bersatu menjadi kerajaan Nusantara. Kelihatannya dalam hal kuliner Sunda juga cukup kreatif karena masing-masing daerah di Jawa Barat juga punya kekhasan halus yang bagi masyarakat luar mungkin agak sulit membedakannya kalau tidak mempelajari tradisi dan membiasakan diri untuk menikmati masakannya. Hal ini mungkin disebabkan karena luasnya wilayah Sunda ini yang sekarang adalah Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten. Dan dengan masuknya Islam banyak variasi kuliner disederhanakan atau mungkin dibuang.

Hubungan dengan Sunda yang Kecil

Walaupun hubungan langsung antara Bali dan Sunda tidak ada, akan tetapi semenjak Bali bertkembang menjadi daerah tujuan wisata, banyak sekali ditemukan restoran Sunda yang diiringi dengan musiknya yang santai dan lambat disebut degung. Kadang-kadang bukan saja di restorn Sunda orang memutar kaset ini, akan tetapi hampir di setiap restoran di Bali yang berada di lingkungan pedesaan atau di obyek wisata pegunungan atau pantai, karena musik ini memberikan pengaruh kejiwaan yang demikian menenangkan, santai dan menghibur, bukan seperti musik Bali yang terlalu semangat karena tempo yang tinggi. Jadi jangan terkecoh, ketika anda sedang lewat di jalur wisata lalu mendengarkan musik degung lalu restoran yang memutar kaset itu adalah restoran Sunda, mungkin saja mereka itu restoran Bali atau Jawa.

Promosi Masakan Sunda yang Kurang

Pada masa sekarang ini jumlah dari restoran Sunda di Bali sudah sangat berkurang, seiring dengan merosotnya jumlah wisatawan Eropah, Austtralia dan Amerika sejak Bali dibom. Namun demikian bagi mereka yang menginginkan menikmati masakan Sunda pada waktu liburan di Bali jangan khawatir, masih ada beberapa restoran yang bisa disinggahi dengan masakan yang cukup lengkap. Pada dasarnya jenis masakan tidak banyak perbedaan dengan Jawa maupun Bali, akan tetapi perbedaan halus dalam bidang penyajian dan rasa masih bisa dibedakan.