MASAKAN TALIWANG

profilekomunikasipaketkontak
paket tour 2 malam paket tour 3 malam paket tour 4 malam
Paket Tour Murah

Taliwang adalah sebuah wilayah di pantai Barat Sumbawa yang berhadapan dengan selat Sumbawa sekitar 70 km di sebelah selatan pelabuhan feri Pototano. Daerah ini terkenal dengan pemeliharaan ayam lokalnya. Sebenarnya jenis ayam yang dipelihara tersebut sama dengan ayam kampong di berbagai daerah di Indonesia. Hanya saja dalam pengolahan daging ayam mereka punya sedikit kekhasan da nada yang berusaha memperkenalkan tradisi ini kepada daerah lain termasuk ke Bali sebagai kearifan lokal masyarakat Taliwang. Di tahun 1990an ada banyak sekali warung makan ayam Taliwang di Bali, bukan saja di kota-kota tetapi di tempat-tempat wisata pengunungan seperti Bedugul, Candi Dasa, dan di beberapa tempat yang dilalui jalur wisata. Namun semenjak menurunnya jumlah wisatawan ke Bali jumlah mereka juga semakin sedikit, karena penjualannya menurun di samping pukulan dari inflasi yang demikian besar sejak decade terakhir ini. Memang inflasi adalah pembunuh paling besar bagi pengusaha kecil.

Keruntuhan Pariwisata dan Tekanan Inflasi

Pada masa sekarang ini agak sulit mencari restoran Taliwang, hanya di daerah Gianyar yang masih ada dan satu buah ada di daerah Kuta Selatan atau Tuban. Demikian juga dari harga paket set menu yang di tahun 2000an hanya Rp 35.000 per set, sekarang ini bisa mencapai Rp 100.000 bahkan lebih, karena harga ayam kampung yang tinggi. Tidak seperti sebelum tahun 1980an para petani di kampong-kampung di Bali masih memelihara ayam dengan memberikan pakan local, akan tetapi kebanyakan sekarang ini memberikan pakan pabrik seperti konsentrat foral, sehingga mempengaruhi harga jual dari ayam kampong ini, karena tidak semua ayam yang dipotong berasal dari daerah asalnya di Taliwang tapi membeli ayam kampong di Bali. Hal kedua yang cukup berat juga dihadapi oleh para petani adalah adanya epidemi flu ayam dan tetelo, walaupun sudah diberikan vaksin tetap saja tidak mampu menghindari kematian masal yang menyebabkan kerugian besar dan mengurahi animo petani untuk memelihara ayam kampong dalam skala yang lebih besar. Cuaca dan musim juga berpengaruh terhadap kematian masal ini karena sering pada waktu musim angin kencang atau peralihan dari musim hujan ke musim panas dan sebaliknya sering juga terjadi kematian masal. Sayang di pemerintah ada yang namanya dinas peternakan tidak bisa berbuat apa-apa, atau mungkin bukan tugasnya untuk memecahkan persoalan-persoalan seperti ini, hanya namanya saja dinas peternakan.

Restoran Taliwang di Bali sudah Jarang

Bagi wisatawan yang ingin menikmati masakan restoran Taliwang di Bali harus membuat daftar perjalanan yang khusus, sehingga bisa menjangkau tempat-tempat yang ada restorannya khususnya di Kuta dan Gianyar. Walaupun demikian tidak berarti kehilangan obyek wisata utama yang paling dicari di Bali, hanya saja beberapa obyek wisata mungkin tidak bisa dilihat jika waktu liburannya terbatas, misalnya hanya 3 hari.